Helikopter Jatuh, 11 Tentara Turki Termasuk Jenderal Tewas

Helikopter Jatuh, 11 Tentara Turki Termasuk Jenderal Tewas

Lokasi jatuhnya helikopter militer Turki menewaskan 11 tentara Turki. (foto - AFP)

Ankara  -  Sedikitnya  sebelas  personel  militer  tewas  dalam  kecelakaan  helikopter  jatuh di Turki  tenggara, pada  Kamis 4 Maret 2021 waktu setempat.

"Kesebelas personel militer yang meninggal dunia tersebut termasuk seorang jenderal bintang tiga (letnan jenderal)," sebut Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Turki.

Dilansir Reuters, Jumat (5/3/2021) selain menimbulkan korban tewas, dalam insiden tersebut juga membuat tiga orang lainnya mengalami luka-luka. Helikopter tersebut lepas landas dari Provinsi Bingol, pada Kamis 4 Maret sekitar pukul 13.55 waktu setempat, atau 17.55 WIB petang.

Kemenhan Turki menyatakan, operasi pencarian langsung dilakukan setelah mereka kehilangan kontak pada pukul 14.25 waktu setempat, atau 18.25 WIB.

Kementerian itu juga menggambarkan peristiwa helikopter tersebut jatuh sebagai murni kecelakaan. Namun demikian, pejabat berwenang tidak memberikan penjelasan lebih terperinci terkait insiden tersebut.

Menurut Kemhan Turki, tentara yang terluka telah dibawa ke rumah sakit. Sementara Aljazirah melaporkan, sembilan dari korban tewas di lokasi kecelakaan. Sedangkan dua lainnya meninggal di rumah sakit akibat luka parah yang mereka alami.

Diketahui, perwira tinggi yang tewas yakni Letjen Osman Erbas, yang menjabat sebagai komandan di salah satu korps militer Turki. Media Turki melaporkan, Menteri Pertahanan Hulusi Akar, Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dan sejumlah tokoh militer senior sedang menuju ke lokasi kecelakaan itu.

Sementara itu, Uni Eropa dan Amerika Serikat menyampaikan belasungkawa kepada Turki yang juga sekutu NATO tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,