Sanitasi Buruk, Indonesia Rugi Rp 50 Triliun/Tahun

Sanitasi Buruk, Indonesia Rugi Rp 50 Triliun/Tahun

Bandung – Akibat buruknya sistem sanitasi yang mencemari air minum, Indonesia ditengarai mengalami kerugian hingga puluhan triliun rupiah per tahun. Selama ini sistem sanitasi di Indonesia seperti ketersediaan sarana jamban dan mandi cuci kakus (MCK), dianggap kurang memadai sehingga berdampak terhadap penyebaran berbagai penyakit menular maupun tak menular.

Demikian hal yang dapat dirangkum dari kegiatan City Sanitation Summit (CSS) XIV di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jl. Tamansari, Kamis (18/09/2014), yang digagas Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Kegiatan ini dihadiri wali kota dan bupati se-Indonesia.

Menurut Ketua AKKOPSI  Rizal Effendi, kurang bagusnya sistem sanitasi di Indonesia menyebabkan negara mengalami kerugian hingga Rp 50 triliun setiap tahun. “Ini semua tentunya menjadi tanggung jawab semua kepala daerah,” kata Rizal yang juga menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan ini sambil menambahkan,  terdapat 348 anggota yang tergabung dalam AKKOPSI.

Setiap kepala daerah,  lanjut Rizal, harus memiliki kebijakan dan dana khusus terkait upaya meningkatkan kemampuan pengelolaan sanitasi di wilayahnya masing-masing. Sehingga berbagai macam penyakit seperti diare dan cacingan, dapat ditekan sedini mungkin. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,