Harga Minyak Tembus 60 Dolar AS per Barel

Harga Minyak Tembus 60 Dolar AS per Barel

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Jakarta - Harga minyak Brent jatuh 3,9 persen ke level 62,24 dolar AS per barel di ICE Futures Europe, yang berbasis di London Exchange. Harga tersebut merupakan penutupan terendah sejak Juli 2009.Seperti dilansir Reuters, Kamis (11/12) minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 4,5 persen menjadi 60,94 dolar AS di New York Mercantile Exchange.
 
Seorang pejabat Iran memperingatkan pada 9 Desember, harga bisa turun menjadi 40 dolar AS per barel, jika kesatuan OPEC terpecah. Obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara pengekspor minyak tenggelam bersama dengan minyak mentah berjangka.
 
Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) mengeluarkan laporan, adanya penurunan permintaan global akan minyak dunia pada tahun depan.
OPEC memangkas perkiraan untuk produksi minyak mentah sekira 300.000 barel per hari atau turun ke level 28,9 juta barel per hari pada tahun depan. Angka itu mendekati posisi permintaan terendah dalam sepuluh tahun terakhir.
 
Sementara target produksi resmi OPEC sendiri adalah 30 juta barel per hari. Dengan kenyataan tersebut, terjadi kelebihan pasokan sebesar 1,1 juta barel di pasar. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,