Lukisan Langka Vincent van Gogh Terjual Rp 222 Miliar di Paris

Lukisan Langka Vincent van Gogh Terjual Rp 222 Miliar di Paris

Lukisan langka Vincent van Gogh terjual Rp 222 miliar di balai lelang Paris. (foto - Getty Images)

Paris - Balai lelang Sotheby Paris berhasil menjual lukisan langka karya maestro Vincent van Gogh seharga Rp 222 miliar. Padahal, harga taksiran awal terhadap lukisan tersebut, yakni senilai Rp 139 miliar.

Lukisan berjudul "Street Scene in Montmartre" tersebut menjadi yang paling dinantikan oleh kalangan kolektor. Karya itu merupakan salah satu dari karya maestro impresionis Belanda, yang masih berada di tangan pribadi.

Berdasarkan keterangan Balai Lelang Sotheby Paris menyatakan, karyanya selama ini menjadi koleksi dari keluarga. "Selama lebih dari 100 tahun, lukisan Street Scene in Montmartre masih berada di tangan keluarga van Gogh, dan berada jauh dari pandangan publik," demikian tulis keterangan Sotheby.

Lukisan tersebut menggambarkan kincir angin bernama Pepper Mill dan berada di bawah langit yang cerah. Di depan kincir angin, ada seorang pria dan perempuan serta gadis kecil, yang berjalan di depan pagar kayu yang mengelilingi lokasi.

Dilansir Associated Press, Direktur Senior Impresionis dan Seni Modern di Sotheby Etienne Hellman mengemukakan, lukisan yang dilelang itu adalah salah satu mahakarya Vincent van Gogh.

"Ini lukisan penting dalam era karier Vincent van Gogh karena berasal dari masa dia tinggal di Paris bersama saudaranya, Theo," kata Etienne Hellman. "Paris menandai periode saat impresionis utama mempengaruhi karyanya," lanjut Hellman.

Menurut dugaan, Vincent van Gogh melukisnya pada 1887 atau satu tahun setelah dirinya pindah ke Paris dan tinggal di Montmartre. Pada saat itu, ia tinggal bersama saudara laki-lakinya yang bernama Theo.

Van Gogh meninggalkan Ibukota Perancis pada 1888 untuk pindah ke Perancis bagian selatan. Ia tinggal di sana sampai menjelang kematiannya pada tahun 1890.

Sebelum lukisan tersebut laku terjual, mahakarya van Gogh itu terlebih dahulu dibawa tur keliling ke sejumlah negara. Antara lain ke Amsterdam pada 1-3 Maret, Hongkong pada 9-12 Maret dan Paris pada 16-23 Maret 2021. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,