Corona, Festival Songkran Thailand pun Jadi Mandi Air Suci

Corona, Festival Songkran Thailand pun Jadi Mandi Air Suci

Festival Songkran merupakan tradisi tahunan warga Thailand. (foto - luxurysocietyasia)

Bangkok  -  Festival  Songkran  yang  merupakan  perayaan   tahun  baru  tradisional  Thailand  rutin  dilaksanakan  setiap tahun. Namun masih dalam kondisi pandemi Corona, tahun ini festival itu diganti dengan mandi air suci.

Festival Songkran akan kembali digelar pada tanggal 13 - 15 April 2021. Namun pejabat kesehatan Thailand melarang adanya perang air yang selama ini menjadi ikon festival. Hal itu bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Masyarakat Thailand pun bakal menggantinya dengan aksi berjalan melewati terowongan yang berada di Jalan Khaosan. Mereka akan diguyur dengan air yang sudah diberkati oleh para biksu setempat.

Presiden Asosiasi Bisnis Jalan Khaosan, Sa-nga Ruangwattanakul menyatakan bahwa protokol kesehatan ketat diberlakukan untuk mencegah munculnya kerumunan yang melakukan perang air. Nantinya, seluruh alat seperti ember sampai senapan air akan disita di pintu masuk.

Jumlah pengunjung pun dibatasi agar mereka bisa saling menjaga jarak. Selain mandi air suci, aktivitas lain yang dapat dilakukan saat Festival Songkran, yakni menuangkan air di atas gambar Buddha dan parade bunga menuju kuil Wat Bowonniwet.

Selain itu, pembukaan kawasan itu juga diatur mulai siang hari hingga jam 7 malam selama periode festival berlangsung. Festival Songkran biasanya akan menarik perhatian ribuan wisatawan yang ada di Thailand. Hal itu merupakan momen yang membahagiakan dan menjadi ucapan syukur atas berkah di awal tahun.

Kawasan Jalan Khaosan yang dipadati manusia juga memberikan kontribusi penghasil besar bagi pengelola pengusaha. Mereka bisa mendapatkan pemasukan hingga Rp 4,6 miliar setiap harinya saat keadaan normal.

Namun selama pandemi Covid-19, kawasan itu ditutup dan saat ini tampak sepi. Tak ada lagi wisatawan mancanegara yang bebas berlalu lalang seperti sebelumnya. Festival Songkran terakhir kali dirayakan di Thailand pada 2018. Pada 2019, festival dibatalkan karena penobatan raja dan 2020 dibatalkan untuk mencegah penularan Corona. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,