Pfizer-BioNTech Klaim 100 Persen Efektif bagi Usia 12-15 Thn

Pfizer-BioNTech Klaim 100 Persen Efektif bagi Usia 12-15 Thn

Pfizer-BioNTech mengklaim 100 persen efektif bagi usia 12-15 tahun. (foto - Associated Press)

New York  -  Perusahaan  farmasi  Pfizer - BioNTech  mengklaim,   hasil   uji  klinis   vaksin  Covid-19  produknya  tunjukkan efektivitas 100 persen dan sangat baik digunakan bagi kalangan usia muda antara 12 - 15 tahun.

Oleh karena itu, Pfizer - BioNTech berencana mengajukan data hasil uji klinis tersebut ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sesegera mungkin, untuk memperluas penggunaan darurat vaksin dengan dua dosis tersebut.

Dilansir CNN, Rabu (31/3/2021) dalam uji coba tahap ketiga yang diikuti 2.260 sukarelawan berusia 12-15 tahun di AS, vaksin itu memicu respons antibodi yang kuat satu bulan setelah dosis kedua. Hasil itu lebih baik dari uji coba pada kalangan usia 16-25 tahun sebelumnya.

Vaksin Pfizer - BioNTech saat ini diberikan izin untuk penggunaan darurat di AS pada kalangan usia 16 atau lebih dewasa. Pfizer - BioNTech menyatakan, efek samping dari vaksin itu sama seperti yang dialami kalangan usia 16-25 tahun, yakni sakit di bagian titik suntik, demam dan lesu.

Para relawan akan dipantau kondisinya setelah disuntik dan vaksin itu bisa memberikan perlindungan sampai dua tahun setelah suntikan kedua. "Kami bagikan pentingnya memperluas izin penggunaan vaksin kami kepada populasi lebih muda, berdasarkan data uji klinis kelompok usia 12 hingga 15 tahun," sebut CEO Pfizer Alber Bourla.

"Kita semua menunggu kehidupan normal. Terutama bagi anak-anak kita," kata CEO BioNTech Ugur Sahin. "Hasil awal yang kami lihat dari uji coba mengindikasikan anak-anak terlindungi dengan vaksinasi, dan ini cukup menggembirakan mengingat munculnya penyebaran varian virus corona B.1.17". (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,