Api di Satu Tangki Kilang Minyak Balongan Sulit Dipadamkan

Api di Satu Tangki Kilang Minyak Balongan Sulit Dipadamkan

Api di salah satu tangki kilang minyak Balongan masih berkobar. (foto - ist)

Indramayu - Petugas masih terus melakukan upaya pemadaman satu unit tangki yang masih mengeluarkan api di kilang minyak Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Munculnya kembali api di salah satu tangki di area kilang minyak Balongan tersebut akibat adanya celah udara yang bercampur minyak panas, sehingga menimbulkan ledakan dan kobaran api.

Memasuki hari keenam pasca-ledakan dan terbakarnya empat tangki milik Pertamina RU VI Balongan, petugas pemadam kebakaran masih kesulitan untuk menjinakkan kobaran api, khususnya pada tangki bernomor T-301 H, Sabtu (3/4/2021).

Kepulan asap hitam dan kobaran api pun masih terlihat pada radius sekitar empat kilometer dari lokasi kilang minyak yang terbakar.

Menurut General Manager PT Pertamina RU VI Balongan Hendry Agustian, upaya pemadaman terhadap satu tangki yang masih terbakar terus dilakukan.

Pemadaman dilakukan oleh tim kebakaran PT Pertamina dan Tim gabungan, dengan melibatkan sedikitnya 10 armada pemadam secara bergantian.

Kemunculan kembali api di salah satu tangki itu disebabkan saat proses pendinginan, terdapat celah udara yang bercampur dengan minyak yang panas. Akibat reaksi tersebut menimbulkan ledakan dan kobaran api.

Sementara itu tiga tangki yang lainnya sudah berhasil dipadamkan. Saat ini sedang dilakukan proses pendinginan dengan menggunakan cairan busa (foam). Pendinginan juga dilakukan terhadap pipa BBM yang ada di sekitar lokasi kebakaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,