17 ABK hilang, Dua Kapal Bertabrakan di Perairan Indramayu

17 ABK hilang, Dua Kapal Bertabrakan di Perairan Indramayu

Petugas gabungan siap melakukan pencarian korban tabrakan dua kapal di perairan Indramayu. (foto- ist)

Indramayu  -  Sedikitnya  17  anak  buah  kapal  (ABK)  dikabarkan  hilang  setelah  dua  kapal  MV Habco  Pioneer  dan MV Barokah Jaya bertabrakan di perairan Indramayu Jawa Barat, Sabtu 3 April 2021 sore.

Dilaporkan, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16.45 WIB tersebut berada di koordinat 05'37'35" S 108'17'18" E, atau sekitar 60 mil dari pantai Balongan Kabupaten Indramayu.

Petugas gabungan telah dikerahkan dan melakukan proses evakuasi. "Kami kerahkan KN SAR Wisnu dengan ABK 19 orang, penyelam spesial grup 11 orang," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah, Sabtu (3/4/2021) malam.

Dalam insiden tersebut, 15 ABK berhasil dievakuasi dan 17 lainnya masih dalam pencarian petugas gabungan. Kejadiannya kapal MV Habco Pioneer ditabrak kapal MV Barokah Jaya yang ditumpangi 32 ABK terbalik.

"Ya, betul kami dari kantor SAR Bandung sudah mengerahkan satu buah perahu RIB dengan ABK 4 orang. Kemudian 4 orang gabung dengan Polair Eretan dengan menggunakan kapal nelayan," kata Deden. Atas kejadian tersebut di Pelabuhan Karangsong Indramayu telah didirikan posko dengan jumlah personel sebanyak 15 orang.

Berdasarkan keterangan Humas Kantor Basarnas Bandung Seni Wulandari, pada awalnya MV Habco Pioneer tengah berlayar dari Balikpapan menuju Merak. Sedangkan MV Barokah Jaya sedang dalam perjalanan dari Tanjungan ke Balongan.

Sejauh ini Kantor SAR Bandung telah melakukan permintaan pergerakan KN SAR Wisnu Jakarta, untuk melakukan operasi SAR di sekitar lokasi. Selain itu Kantor SAR Bandung telah berkoordinasi dengan SROP Cirebon, SROP Indramayu, Lanal Cirebon, VTS Cirebon serta Ditpolair Polda Jabar.

"Sekitar pukul 21.24 WIB KN SAR Wisnu bertolak dari Dermaga Inggom Tanjung Priok dengan estimasi waktu tempuh delapan jam. Estimasi tiba (di lokasi) pada 4 April (Minggu) pukul 06.24 WIB," tegas Seni Wulandari.

Seni menambahkan, KN SAR Wisnu dengan pilot on board (POB) sebanyak 30 orang, sebanyak 19 ABK dan 11 Penyelam BSG (Basarnas Special Group), segera melakukan operasi SAR. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,