Vaksinasi Corona Indonesia Baru 8,5 Juta dari Target 40 Juta

Vaksinasi Corona Indonesia Baru 8,5 Juta dari Target 40 Juta

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia baru menjangkau 21,33 persen. (foto - ist)

Jakarta  -  Pemerintah   terus  mendorong  pelaksanaan  vaksinasi  Covid-19  untuk   memunculkan   kekebalan  kelompok herd imunity. Meski demikian, sejauh ini baru beberapa kelompok masyarakat yang mendapatkan vaksin.

Dengan adanya vaksinasi Covid-19 tersebut diharapkan tubuh akan secara otomatis membentuk kekebalan, yang memungkinkan orang yang divaksin bakal lebih kuat terhadap paparan virus Corona tersebut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, pelaksanaan vaksinasi di Indonesia telah menjangkau sebanyak 12,5 juta dosis, meski tidak semua sudah mendapatkan dua suntikan. "Total vaksinasi yang telah kita lakukan telah mencapai 12,5 juta dosis vaksin," kata Juru Bicara Kemenkes Nadia Wiweko pada webinar, Minggu (4/4/2021).

Cakupan dosis pertama di Indonesia lanjut Nadia, sudah mencapai angka 21,33 persen dari target 40 juta sasaran pada vaksinasi tahap 1 dan tahap 2. Artinya, sekitar 8,5 juta orang sudah mendapatkan suntikan vaksin Covd-19.

"Angka cakupan itu lebih baik tentunya dari negara-negara di kawasan Eropa. Menurut WHO, rata-rata negara di kawasan Eropa cakupan vaksinasi dosis mereka masih kurang dari 10 persen," kata Nadia.

Ke depan, Kemenkes akan terus meningkatkan kapasitas vaksinasi bagi masyarakat, sehingga bangsa Indonesia dapat segera mencapai kekebalan kelompok bagi 181,5 juta masyarakat Indonesia.

"Kami mendorong semua lapisan masyarakat untuk ikut mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19, khususnya kepada kelompok masyarakat usia di atas 50 tahun. Diketahui mereka memiliki risiko angka kematian dan angka kesakitan tiga kali lebih besar dari populasi kelompok lain," tegas Nadia. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,