Densus geledah kantor Syam Organizer sita sejumlah barang

Densus geledah kantor Syam Organizer sita sejumlah barang

Kantor Syam Organizer di Jalan Suryodiningratan nomor 605 Kumendaman Mantrijeron Yogyakarta. (foto - ist)

Yogyakarta  -  Tim  Densus  88  melakukan  penggeledahan  salah  satu  kantor  yang  disewa  oleh  Syam  Organizer  Jalan Suryodiningratan nomor 605 Kumendaman Mantrijeron Yogyakarta, Minggu 4 April 221.

Berdasarkan keterangan Ketua RT 30/RW 08 Setyo Karjono, penggeledahan dilakukan sejak pukul 13.00 WIB. Menurutnya, sebelum penggeledahan dirinya didatangi oleh personel Densus 88 diminta untuk menjadi saksi.

"Saya didatangi polisi yang mengatakan dari tim Densus 88. Saya diminta menjadi saksi dalam penggeledahan di kantor Syam Organizer tersebut," tegas Setyo.

Ia mengaku, dirinya tidak begitu mengetahui tentang kegiatan Syam Organizer. Namun seingatnya, Syam Organizer menyewa tempat itu sejak Desember 2019 lalu. "Dulu kantor percetakan, dan akhir 2019 disewa Syam Organizer. Saya enggak tahu banyak kegiatannya tapi semacam LSM berbasis agama," katanya.

Setyo pun menceritakan, tim Densus 88 menggeledah semua ruangan yang ada di dalam ruko berlantai dua itu. Semua dokumen yang ada diperiksa secara detail, yang kemudian dibawa oleh petugas.

"Tadi ada dua orang karyawan di kantor situ. Satu orang diminta untuk menunjukkan ruangan apa saja. Kemudian semua dokumen diperiksa dengan detail".

"Barang yang dibawa ada sejumlah dokumen. Saya lihat yang dibawa dokumennya satu truk penuh. Dokumen dana keuangan sepertinya. Kemudian ada komputer, laptop dan kaleng untuk donasi dan ada brosur juga," lanjutnya.

Penggeledahan berlangsung hingga sekitar pukul 18.00 WIB. Setelah itu, Setyo pun dibolehkan meninggalkan kantor Syam Organizer. Ia tak banyak tahu tentang kegiatan yang dilakukan oleh Syam Organizer. Termasuk siapa saja orang yang ada di dalam.

"Aktivitasnya saya kurang tahu karena kurang bersosialisasi dengan masyarakat agak tertutup. Setahu saya hanya LSM berbasis keagamaan. Waktu menyewa awal juga tidak meminta izin ke saya sebagai RT di sini," katanya.

Berdasarkan penelusuran di situs dan akun Instagram Syam Organizer, lembaga tersebut banyak menghimpun dana dengan mengatasnamakan kemanusiaan. Antara lain program ambulans dan bantuan ke Suriah, Palestina serta daerah Timur Tengah. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,