Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Jatim Tertinggi di Indonesia

Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Jatim Tertinggi di Indonesia

Jatim tertinggi kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia. (foto - ist)

Surabaya - Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah kasus kematian akibat virus Corona (Covid-19) paling tinggi di Indonesia. Sejauh ini sudah sebanyak 10.074 orang meninggal dunia akibat terpapar Corona.

Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jatim dr. Joni Wahyuhadi mengakui, angka kematian masih menjadi pekerjaan rumah di wilayahnya. "Pekerjaan rumah kita memang kematian, setelah kita pelajari dan dihitung, itu perlu dikaji lebih detail," kata dr. Joni Wahyuhadi, Rabu (7/4/2021).

"kasus kematian itu sendiri sebagian besar terjadi pada orang-orang lanjut usia (lansia)," katanya. Banyak Corona di Jatim terjadi akibat keterlambatan pasien masuk rumah sakit.

Hal itu diperparah dengan penyakit bawaan atau komorbid pasien. Sebanyak 91 persen lebih kasus kematian di Jatim disertai komorbid. Antara lain penyakit jantung, hipertensi, gagal ginjal hingga diabetes.

"Di RSU dr. Soetomo misalnya, kematian ICU-nya 48 persen. Itu kecil, karena di dunia pun 70-80 persen. Kita terus bebenah, yang paling banyak itu kasus keterlambatan datang di RS. Jadi angka kematian di UGD tinggi," tegasnya.

Salah satu upaya Satgas lanjut Joni, dengan mempercepat proses vaksinasi untuk para lansia. "Saat ini proses vaksinasi untuk lansia terus gencar dilakukan, mengingat memang mereka paling rentan," katanya.

Sejauh ini, kasus kumulatif Covid-19 di Jatim sebanyak 141.077 kasus. Sebanyak 1.856 kasus di antaranya masih aktif/dalam masa perawatan. Sementara pasien sembuh sebanyak 129.147 dan meninggal dunia sebanyak 10.074 orang. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,