Kabareskrim Lidik Unsur Lalai Kebakaran Kilang Balongan

Kabareskrim Lidik Unsur Lalai Kebakaran Kilang Balongan

Kabareskrim datang langsung untuk melihat olah TKP di kilang Balongan Indramayu. (foto - ist)

Indramayu - Pihak kepolisian menggelar olah tempat kejadian perkara insiden kebakaran kilang minyak PT Pertamina Balongan Kabupaten Indramayu. Polisi pun selidiki penyebab pasti sumber kebakaran tersebut.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto mengecek langsung pelaksanaan olah TKP, dengan mendatangi lokasi kebakaran, Rabu (7/4/2021). "Saya ketemu dengan Direktur RU VI Balongan untuk melakukan olah TKP laboratorium forensik, guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran," kata Agus.

Menurutnya, olah TKP dilakukan guna mencari sumber penyebab kebakaran yang mengakibatkan sejumlah orang terluka. Pihaknya menyelidiki apakah ada atau tidak unsur kelalaian hingga mengakibatkan kebakaran tangki di kilang tersebut.

"Intinya, kita akan melakukan penanganan apakah ada kesengajaan atau ada kelalaian yang menjadi penyebab kebakaran," tegasnya. Kebakaran kilang minyak Balongan perlu penanganan serius, karena kilang itu merupakan salah satu objek vital strategis

"Tentunya kejadian kebakaran kemarin menjadi perhatian pemerintah dan dunia, sehingga harus mendapatkan penanganan yang serius. Mudah-mudahan olah TKP jajaran labfor dan kerja sama seluruh pihak, penanganan masalah bisa segera kita buktikan," lanjut Agus.

Mengenai ada tidaknya indikasi kelalaian, Agus belum bisa menyimpulkan. Untuk saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan dasar laporan polisi model A. "Kita masih klarifikasi, tadi saya sudah perintahkan kepada penyidik untuk membuat laporan polisi model A. Sangkaan sementara karena lalai mengakibatkan kebakaran, ini untuk memudahkan proses klarifikasi".

Puluhan orang sudah diklarifikasi penyidik dan sudah mendapat restu dari manajemen untuk membantu proses penyidikan. "Sudah ada 52 orang yang diklarifikasi. Direktur SDM dan Operasi sudah meminta kepada seluruh jajaran unit VI Balongan ini untuk bekerja sama dengan penyidik," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,