Jelang Tutup Tahun Hyundai Luncurkan 3 Model Baru

Jelang Tutup Tahun Hyundai Luncurkan 3 Model Baru

Hyundai i40, salah satu prodak yamg diluncurkan di akhir Tahun 2014.(Foto:Net)

Bandung - Trend kendaraan roda empat tipe kecil (city car) tampaknya masih terus berlangsung pada 2015. Salah satu pabrikan terkemuka Korea, Hyundai meluncurkan tiga model baru sekaligus, yaitu i20, i30, dan i40 untuk pasar Eropa.
 
Seperti dilansir dari situs Carscoops, Kamis (11/12), ketiga model ini mengusung tampilan baru yang lebih agresif dan sporty. Tipe i10 dengan model coupe adalah yang paling ekstrem perubahannya, di mana grille depan terlihat lebih lebar untuk memberi lebih banyak udara ke bagian mesin.
Atap i20 juga dibuat seolah melayang dengan mengecat garis bawah pilar C dengan warna hitam, membuat kesan terpisah dari bagasi belakang. Velg yang digunakan juga sudah mengadopsi ukuran 17 inci, sehingga terlihat kekar. 
 
Sementara itu, untuk mesin Hyundai berencana memasang mesin baru berkapasitas 1.000 cc, yang dilengkapi dengan pendorongturbocharger. Sedangkan tipe i30 memiliki desain yang hampir sama dengan i20. Yang unik dari grille i30 yaitu adanya air flap yang dapat ditutup untuk meningkatkan aerodinamika mobil.
Mesin yang digunakan i30 ada beberapa pilihan, mulai dari 1.400cc hingga 1.600cc dengan tambahan turbocharger. Mesin turbo ini mampu menghasilkan tenaga 185 daya kuda, lebih besar 85 daya kuda dibanding versi mesin 1.400 cc. Semua mesin sudah dilengkapi dengan fitur stop and go yang diklaim bisa menghemat pemakaian bahan bakar saat kondisi macet.
Untuk kelas mobil keluarga, Hyundai melakukan peremajaan pada seri i40. Grille baru khas Hyundai yang berbentuk heksagonal tersemat di bagian depan, bersama dengan lampu kabut berteknologi LED di sisi kiri dan kanan bumper.
 
Mesin i40 masih sama seperti versi sebelumnya, sedangkan keamanan ditingkatkan dengan menambahkan teknologi Advanced Traction Cornering Control (ATCC). Ini bisa membuat arah mobil menjadi lebih stabil saat menikung di kondisi jalan basah atau licin.
Bodi i40 tersedia dalam dua pilihan, sedan dan station wagon (tourer). Khusus untuk versitourer, suspensi belakang menggunakan sistem Electronic Damping Control System (ECS), yang bisa menyesuaikan kekerasan suspensi dengan kondisi jalan.
Sayangnya, hingga kini pihak Hyundai belum memberikan keterangan resmi mengenai harga jual dari ketiga tipe ini, meski mereka menjanjikan unit akan tersedia sebelum pergantian tahun. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,