Selain Gunung Padang, Ada Situs Lain

Selain Gunung Padang, Ada Situs Lain

Situs Gunung Padang, ANTARA FOTO

Bandung - Situs megalitikum Gunung Padang masih harus diteliti lebih jauh. Pasalnya menurut Arkeolog Universitas Indonesia, Ali Akbar masih banyak situs lain di seputar kawasan Gunung Padang. Seperti  pada arah barat Gunung Padang terdapat struktur-struktur baru yang memperlihatkan  Gunung Karuhun sekitar kurang lebih satu kilometer. 
 
Demikian diungkapkan salah satu anggota Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang tersebut kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (11/12/2014).
 
"Di bagian selatan ada punden berundak, columner join yang terdapat tiga teras di Ciukir berjarak 700 meter dari Gunung Padang. Di bagian timur, sekitar empat kilometer dari Gunung Padang terdapat pasir keramat yang merupakan batu yang disusun seperti sebuah makam," ujarnya.
 
Berdasarkan temuan-temuan tersebut,  secara pribadi dia merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk terus melanjutkan penelitian di lokasi ditemukannya temuan situs-situs tersebut.
 
"Ini yang kita rekomendasikan kepada Pemprov Jabar, supaya dilakukan penelitian di tempat yang kemungkinan adanya situs-situs tadi," jelasnya.
 
Indikasi awal sudah ada saat ini, tinggal penelitian lebih intensif lagi sampai terbukti memang ada situs lain di lokasi tersebut. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,