Hadapi MEA Harus Tingkatkan Keahlian

Hadapi MEA Harus Tingkatkan Keahlian

Bekerja di sentra industri kerajinan wajit Cililin. (Foto ADE)

Bandung – Era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) 2015 harus disikapi oleh para pengusaha dan industri baik kecil, menengah, dan besar dengan meningkatkan keterampilan dan keahlian para pekerjanya. Dengan peningkatan keterampilan dan keahlian, produktifitas pekerja Indonesia akan lebih kuat dan tahan bersaing dengan negara lain.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pekerja Indonesia harus meningkatkan produktifitas dengan keterampilan dan keahlian yang lebih mumpuni, Indonesia bisa terkalahkan oleh Vietnam dan Kamboja jika tidak ditingkatkan.

 

“Tenaga kerja negara lain sudah mempersiapkan kemampuan untuk menghadapi era MEA 2015, kita harus bisa kuat dan berdaya saing dengan negara Asean lainnya dengan meningkatkan keahlian dan keterampilan para pekerja,” jelas Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jumat (12/12/2014).

 

Agar kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia bisa semakin membaik, maka peran pengusaha sangat penting dalam mendorong dan memberikan berbagai pelatihan bagi karyawannya.

 

“Jika keahlian mereka bertambah, maka produktifitas kerjanya pun akan lebih meningkat. Inilah yang dijadikan modal untuk bersaing secara sehat dalam era MEA 2015,” cetus Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,