Jabar Tingkatkan Potensi Laut dan Ikan

Jabar Tingkatkan Potensi Laut dan Ikan

Potensi kelautan Jawa Barat mulai berkembang seperti olahan abon ikan hiu yang mulai memasyarakat. (Foto : Cikalnews/ADE)

Bandung – Untuk meningkatkan potensi kelautan dan perikanan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai cara dengan membangun beberapa dermaga laut di pantai selatan Jawa Barat seperti di Cidaun, Cikidang, Cikalong, dan Ranca Buaya.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di pantai selatan Jawa Barat nanti akan dikembangkan beberapa dermaga perikanan untuk meningkatkan potensi ikan.

 

“Selain dibangun dermaga, nanti di daerah Cidaun, Cikidang, Cikalong, dan Ranca Buaya pun akan dibangun bandara untuk mendukung sarana logistik dan distribusi perikanan,” terang Aher di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jumat (12/12/2014).

 

Masih menurut Aher, sarana transportasi udara sangat penting guna mendukung proses distribusi perikanan laut Jawa Barat Selatan.

 

“Jika hasil laut dibawa dengan menggunakan pesawat udara, maka waktu akan lebih efisien dan kondisi barangnya pun tetap fresh. Kalau lewat darat khawatir ikan pada mati dan menyebabkan harganya jatuh. Seperti saat bawa lobster itu harus fresh dalam kondisi hidup,” ucapnya.

 

Saat ini yang menjadi sentra perikanan di Jawa Barat Selatan baru ada di Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, dan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Ke depan di Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Tasikmalaya pun akan dijadikan sentra perikanan laut setelah dibangun beberapa dermaga.

.

Categories:Bandung,