Ratusan Warga Terjebak Terjangan Longsor

Ratusan Warga Terjebak Terjangan Longsor

Ilustrasi.(Foto:Net)

Banjarnegara - Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menyebabkan bencana tanah longsor terus menerjang wilayah ini. Bahkan, longsor telah 'menyapu' ratusan rumah hingga rata dengan tanah, dan ratusan orang terjebak di lokasi longsor.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana kejadian itu menyebabkan ratusan warga di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karang Kobar, Kabupaten Banjarnegara terjebak dan sulit untuk mencari tempat yang aman.

"Ada sekitar 150 rumah yang dihuni oleh sekitar 300 jiwa terrjebak dalam longso tersebut. Namun, kami belum berani menyebut jumlah korban jiwa," kata Sarwa, Sabtu (13/12) dinihari.

Kejadian itu sendiri, menurutnya terjadi sejak selepas Magrib, sekira pukul 18.00 WIB. Pertolongan hingga kini belum sepenuhnya dapat dilakukan lantaran tanah terus bergerak, serta kondisi yang gelap gulita.  "Wilayahnya sulit dijangkau, tanah bergerak, labil, serta lumpur yang tinggi karena banyak air," lanjutnya.

Untuk mengantisipasinya, kini pihaknya tengah mengupayakan agar rembesan Waduk Mrica tidak semakin membuat peristiwa ini semakin berbahaya.  "Hingga kini kami terus berupaya menjangkau lokasi. Kami saat ini sedang rapat koordinasi, ada Bupati Banjarnegara juga," katanya.
Sementara itu longsor juga terjadi di Desa Pasuruhan, Watumalang, Wonosobo. Akibat hujan deras sepanjang hari, tebing setinggi 50 meter dan lebar 25 meter longsor menerjang jalan antardesa dan jalur transportasi pun terputus. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,