Vitamin C Untuk Gangguan Pernapasan Setelah Olahraga

Vitamin C Untuk Gangguan Pernapasan Setelah Olahraga

ilustrasi. (Net)

BAndung- Sering mengalami gangguan tenggorokan? Apalagi perubahan cuaca seperti saat ini. Disarabkan para ahli untuk menjaga kesehatan dengan banyak mengkonsumsi vitamin. Banyak istirahat dan masih banyak alternatif untuk selalu hidup sehat.  
 
Tetapi pasca berolahraga, Anda mengalami gangguan pernapasan seperti batuk atau radang tenggorokan? Silakan mengonsumsi vitamin C agar meringankan gejala yang dialami.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology, memperlihatkan, untuk sampai pada temuan itu, para peneliti melakukan sebuah meta-analisis dari tiga studi.

Mereka menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi udara masuk dan keluar masuk paru-paru pada penderita masalah penyempitan saluran udara setelah mereka melakukan olahraga. 

Pada pederita ini, ada pengetatan di sekitar otot polos sehingga saluran udara di paru-paru menyempit. 

"Tampaknya masuk akal bagi orang-orang yang aktif secara fisik untuk menguji apakah vitamin C bermanfaat secara individual," ujar Harri Hemila dari Universitas Helsinki di Finlandia. 

Dalam hal ini, Hemila menganalisis sebuah studi yang melibatkan 12 orang partisipan. Para partisipan ini diketahui menderita asma, rata-rata berusia 26 tahun dan menderita bronkokonstriksi setelah melakukan olahraga .

Sementara itu, lima penelitian lain meneliti subyek dalam jangka pendek , mereka yang mengalami stres fisik. Hasil penelitian menunjukkan, vitamin C membantu meringankan gejala gangguan pernapasan .

Kemudian, percobaan lain melaporkan kalau vitamin C mengurangi gejala gangguan pernafasan pada perenang remaja laki-laki. Demikian seperti dilansir Indian Express. (Ode)**
.

Categories:Gaya hidup,