Jokowi Kunjungi Korban Longsor Banjarnegara

Jokowi Kunjungi Korban Longsor Banjarnegara

Jokowi Kunjungi Korban Longsor Banjarnegara

Jakarta  - Presiden Joko Widodo, Minggu pagi ini bertolak menuju Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk meninjau lokasi bencana alam tanah longsor.

Presiden yang biasa disapa Jokowi ini  bertolak dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 07.00 WIB ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, berdasarkan pendataan sementara, telah ditemukan 20 jenazah korban longsor di Dusun Jemblung, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Dalam situasi seperti ini memang masalah pendataan selalu ada pergerakan-pergerakan. Hingga saat ini, kita telah menemukan jenazah saudara-saudara kita sejumlah 20 orang," kata Kepala BNPB Syamsul Maarif di Banjarnegara, Sabtu malam kemarin.

Sementara jumlah korban yang masih akan dicari, ada 88 orang. Jumlah ini, kata dia, berdasarkan data yang diperoleh Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dari Kepala Dusun Jemblung.

Syamsul tidak memungkiri adaa korban lain dari kendaraan yang melintas saat bencana tanah longsor itu terjadi.

Dia mengatakan, TNI, Polri, dan PMI mulai hari Minggu ini akan mengatur masyarakat yang mendatangi lokasi bencana.

Di samping itu, kata dia, PMI juga akan mengerahkan kendaraan Hagglunds untuk memperkuat tim yang ada di lokasi bencana. "Saat ini, sedang dalam perjalanan," katanya.

Ia mengatakan, tiga alat berat juga akan didatangkan dari Purwokerto.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan bahwa jumlah rumah tertimbun longsor 38 unit yang dihuni 50 keluarga atau 308 jiwa, sedangkan yang selamat 200 jiwa.(Ode)**

.

Categories:Nasional,