Warga Jalur Gaza Latihan Yoga Atasi Stres

Warga Jalur Gaza Latihan Yoga Atasi Stres

Warga Jalur Gaza Latihan Yoga Atasi Stres

Kota Gaza  - Latihan Yoga membuat Jamila (55) merasa jauh lebih baik. Perempuan itu berusaha mengatasi kelelahan fisik akibat stres berat yang ia alami selama agresi militer besar-besaran Israel di Jalur Gaza, yang sudah berlangsung 50 hari sejak 8 Juli.

Setelah berlatih yoga selama satu-jam, Jamila kelihatan lebih aktif dan bercahaya. Latihan itu membantu dia menambah kemampuannya untuk memusatkan perhatian dan kontemplasi serta melepaskan diri dari depresi serta kegugupan yang ia derita dalam tiga bulan terakhir.

Misil-misil dari pesawat Israel menghancurkan rumahnya selama serangan darat dan udara Israel di Gaza. Anak perempuan satu-satunya dengan susah payah diselamatkan dari reruntuhan rumah yang menutupinya, dan membuatnya harus menjalani perawatan karena luka-luka berat.

Kehancuran rumahnya dan luka serius putrinya menjadi mimpi buruk permanen buat Jamila ,dan menimbulkan pengaruh negatif secara psikologis. 

Selama pelajaran yoga yang ia jalani di perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina, Jamila larut dalam keheningan, ketenangan dan meditasi. "Saya menderita stres berat setelah agresi Israel," kata Jamila kepada kantor berita Xinhua.

Ia menambahkan, "konsekuensi stres dan ketegangan menimbulkan kegugupan dan hilangnya konsentrasi selain mimpi buruk yang membuat saya terjaga dalam kondisi panik dan ketakutan."

Ketika mulai berlatih yoga, ia mulai merasa lebih santai dan stresnya berkurang. "Yoga dan latihan fisik membuat saya merasa lebih aktif dan berbinar serta perasaan saya membaik, Semua ini membantu saya memusatkan perhatian lagi dan memperhatikan diri saya serta keluarga saya."

Kebanyakan warga Jalur Gaza menderita luka fisik serius atau mengalami dampak kejiwaan yang buruk akibat agresi Israel. 

Jamila mengatakan, yoga dan olah raga membantu dia melupakan rasa sakit akibat perang dan gambaran buruk yang tertanam di dalam benaknya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,