Cianjur Segera Terapkan Perda Larangan Merokok

Cianjur Segera Terapkan Perda Larangan Merokok

ilustrasi

Cianjur- Bupati Cianjur, Jabar, Tjetjep Muchtar Soleh, segera mengeluarkan peraturan daerah (Perda) tentang larangan merokok di dalam angkutan umum menyusul adanya desakan dari warga.
 
Hal tersebut, ungkap orang nomor satu di Cianjur itu, sesuai instruksi Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, yang mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 29 Tahun 2014, tentang larangan merokok dalam angkutan umum.
 
Namun, jelas dia, hingga saat ini, pihaknya belum menerima SE dari Menhub tentang larangan tersebut, tetapi pihaknya telah menginstruksikan agar warga tidak merokok di tempat-tempat umum.
 
"Bahkan saat ini iklan rokok yang banyak terpajang di jalanan dan baliho telah diturunkan. Saya setuju jika menhub mengeluarkan SE agar tidak merokok di tempat umum termasuk di dalam angkutan," katanya.
 
Meskipun hingga saat ini, tutur dia, dalam perbup larangan merokok di tempat umum dan tidak memasang iklan rokok di sejumlah fasilitas umum, belum diterapkan sanksi tegas terhadap pelanggar, namun pihaknya siap mengeluarkan perda tentang larangan merokok di dalam angkutan dan diberikan sanksi jika ada desakan dari warga.
 
"Kalau warga mendesak masukan saja aspirasinya ke dewan. Kami siap mengeluarkan perdanya karena kami menyayangkan kalau masih ada orang yang merokok di tempat umum atau di angkutan karena tidak memperdulikan orang di sebelahnya," kata dia.
 
Dia menambahkan, di dalam angkutan banyak orang yang tidak merokok, sedangkan orang yang sengaja merokok akan berdampak kurang bagus, sehingga pihaknya akan mendukung menhub mengeluarkan edaran tersebut. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:jabar,