Roma Pangkas Jarak dari Juventus

Roma Pangkas Jarak dari Juventus

Tendangan gunting dari Radja Nainggolan membantu mengamankan tiga angka saat AS Roma memangkas jarak dengan pemuncak klasemen Liga Italia Juventus.(Foto:Net)

Milan - Tendangan gunting dari Radja Nainggolan membantu mengamankan tiga angka saat AS Roma memangkas jarak dengan pemuncak klasemen Liga Italia Juventus menjadi hanya satu angka pada Senin (15/12/2014) dinihari WIB, setelah menang 1-0 atas Genoa.
 
Pasukan Gian Piero Gasperini menyambut hangat Roma untuk mengincar kemenangan ketujuh dari sepuluh pertandingan, namun tim tamu mendapatkan insentif besar setelah Sampdoria menahan imbang Juventus dengan skor 1-1 di Turin.
 
Roma mendapatkan dorongan pada menit ke-30 ketika kiper Matti Perin mendapat kartu merah akibat pelanggarannya terhadap Nainggolan di kotak terlarang.
 
Meski penggantinya Eugenio Lamanna mampu menahan eksekusi penalti Adem Ljajic pada pertandingan yang menjadi debut Liga Italia bagi sang kiper, keunggulan jumlah pemain Roma selanjutnya akan menghadirkan keuntungan bagi mereka.
 
Nainggolan mendapati dirinya memiliki ruang dalam lima menit sebelum turun minum, dan dengan tenang menyambar umpan Maicon yang bersarang di gawang tuan rumah.
 
Hasil itu memberikan suntikan semangat yang besar bagi pasukan Rudi Garcia hanya beberapa hari setelah kegagalan mereka mencapai putaran 16 besar Liga Champions, menyusul kekalahan 0-2 di kandang sendiri dari Manchester City.
 
"Saya senang kami mengambil kesempatan untuk memangkas jarak dengan Juventus menjadi satu angka," kata Garcia kepada Sky Sport.
 
"Kami semestinya mencetak gol lain setelah turun minum untuk menghapus tekanan. Bermain di sini merupakan hal berat, semua tim mendapati sulit untuk melawan Genoa di The Marassi." Gasperini - yang diinformasikan saat turun minum bahwa ia akan dikirim ke tribun penonton karena kerap berselisih paham - menegaskan timnya bangkit dengan "banyak keyakinan" terhadap kualitas mereka.
 
"Memainkan tiga perempat pertandingan dengan kekurangan satu pemain benar-benar menyulitkan kami. Ini akan menjadi pertandingan berat lain," kata Gasperini.
 
"Namun ini membuat saya semakin yakin mengenai kualitas-kualitas kami." Pada pertandingan lain yang dimainkan pada Minggu, Jeremy Menez dan Giacomo Bonaventura mengamankan kemenangan 2-0 bagi AC Milan atas Napoli, yang membawa pasukan Filippo Inzaghi naik ke peringkat keenam.
 
Menez mampu melewati bek Prancis Kalidou Klulibaly pada menit keenam, untuk melepaskan sepakan menyudut yang tidak mampu dihentikan Rafael di tiang jauh.
 
Kiper Milan Diego Lopez menjaga tuan rumah tidak kemasukan pada fase awal pertandingan dengan serangkaian penyelamatan dari ancaman yang diberika David Lopez dan Jose Callejon, sedangkan bek Philippe Mexes nyaris memasukkan bola ke gawangnya sendiri.
 
Milan terus memberi tekanan setelah turun minum, dan mereka mendapatkan penghargaannya pada menit ke-52 ketika Bonaventura melompat untuk menyambar umpan silang Pablo Armero dari sisi kiri, untuk melepaskan sundulan melewati Rafael.
 
Gonzalo Higuain dan Duvan Zapata keduanya melihat peluang-peluang yang dimilikinya pada fase akhir pertandingan gagal berbuah gol, ketika pasukan Rafael Benitez merasakan kekalahan pertamanya sejak September untuk turun satu posisi ke peringkat ketujuh.
 
Sebelumnya, pemain Prancis Patrice Evra membawa sang juara Italia unggul pada babak pertama ketika ia menanduk bola tendangan sudut pada menit ke-12, untuk mengukir gol pertamanya bagi klub asal Turin itu.
 
Bagaimanapun Sampdoria, yang memberikan kekalahan kandang terakhir bagi Juventus, pada Januari 2013, mampu menyamakan kedudukan saat babak kedua bergulir enam menit, setelah penyerang Italia Gabbiadini masuk sebagai pemain pengganti untuk menaklukkan Gianluigi Buffon dengan sepakan melengkung.
 
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri, yang membangku cadangkan Pirlo, menyesali serangkaian peluang yang gagal dimaksimalkan tuan rumah pada babak pertama.
 
"Kami bermain baik selama 55 menit, namun pada setengah jam pembukaan kami tidak mampu mengambil peluang-peluang yang kami ciptakan," tutur Allegri.
 
"Tim melakukan semua yang mereka mampu lakukan, namun kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Sayangnya, kami tidak mampu menuntaskannya ketika kami memiliki peluang." Gabbiadini menuntaskan serangan Sampdoria dengan menguasai bola operan Eder di sisi kanan kotak penalti, dan menaklukkan Buffon dengan sepakan melengkung ke arah tiang jauh.
 
Lazio menghuni peringkat ketiga, tertinggal sembilan angka dari Roma, menyusul kemenangan 3-0 atas Atalanta pada Sabtu meski Sampdoria, yang berada di peringkat keempat, dan tim peringkat kelima Genoa juga mengoleksi 26 angka.
 
Pada Senin Empoli akan menjamu Torino, sedangkan Inter melawat ke Chievo sambil bertekad dapat keluar dari paruh bagian bawah klasemen. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,