Timnas Peneliti Gunung Padang Membuka Diri

Timnas Peneliti Gunung Padang Membuka Diri

foto - national geographic

Jakarta – Untuk meneliti temuan berupa artefak koin atau logam beraksara di kedalaman 11 meter di Gunung Padang, Tim Nasional (Timnas) Peneliti di gunung yang sarat dengan batu-batu besar ini mengundang ahli numismatik untuk ikut meneliti temuan tersebut.

Menurut arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Timnas Peneliti Gunung Padang, Dr. Ali Akbar, Jumat (19/09/2014), pihaknya dengan tangan terbuka mengundang ahli numismatik untuk ikut mengungkap misteri Gunung Padang.

"Kami membuka diri jika ada peneliti, pemerhati, pecinta numismatik yang ingin memberikan informasi mengenai koin yang mirip atau sama dengan koin Gunung Padang. Informasi tersebut tentu sangat berharga dalam menyingkap misteri peradaban Gunung Padang yang masih terpendam,"ungkapnya.

Seperti diketahui, berbagai temuan benda-benda artefak masa lalu di situs Gunung Padang  di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kab. Cianjur, semakin menguatkan kalau situs yang terkenal dengan susunan bebatuan ini memiliki peradaban tinggi di masanya.

Terakhir, tim peneliti menemukan artefak berbentuk koin pada 15 September 2014 yang terpendam di kedalaman 11 meter. Temuan artefak menyerupai koin itu sempat membuat kaget tim peneliti. Pasalnya usianya diperkirakan 10 ribu SM jika melihat kedalaman tanah ditemukannya artefak tersebut.(AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,