Awas Longsor Susulan di Pasirwangi Garut Masih Mengintai

Awas Longsor Susulan di Pasirwangi Garut Masih Mengintai

Longsor di Blok Cikupakan Desa Karyamekar Pasirwangi Kabupaten Garut, Jumat 19 November 2021. (foto - Pemkab Garut)

Garut  -  Longsor  susulan  masih  berpotensi terjadi di  wilayah  Blok  Cikupakan  Desa  Karyamejar Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut.

Pasalnya, cuaca di sekitar longsor yang terjadi pada Jumat lalu terus memburuk, disertai dengan kondisi tanah yang tampak labil. Dengan demikian, sangat memungkinkan terjadinya longsor susulan.

"Bencana longsor yang terjadi Jumat pukul 11.45 WIB itu memiliki kerawanan terjadi longsor susulan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Satria Budi dikutip dari laman resmi Pemkab Garut, Sabtu 20 November 2021.

Selain cuaca yang terus memburuk, tanah di sekitar lokasi terlihat masih terjadi longsoran kecil. Jadi, dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Selain itu, akibat dari bencana longsor itu pula rawan terjadinya kebocoran pipa uap, khususnya yang menyalurkan ke PT Star Energy.

Dalam foto yang beredar, terlihat pipa-pipa milik pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) PT Star Energy menggantung karena jalan terputus akibat longsor.

Sementara itu Head of Policy, Government, & Public Affairs Star Energy Geothermal Darajat Nungki Nursasongko menyatakan, tidak ada fasilitas umum yang rusak dan jalan yang rusak akibat longsor tersebut.

"Puji syukur tidak ada korban dan tidak ada kerusakan fasilitas umum. Bahkan, dapat kami pastikan juga tidak ada kerusakan pada fasilitas pembangkitan listrik yang dapat mengakibatkan kebocoran uap," tegas Nungki.

Sejauh ini, pihak Star Energy telah melakukan koordinasi untuk penanganan bencana, antara lain dengan BPBD dan pihak terkait lainnya.

Star Energy juga memastikan bencana alam tanah longsor itu tidak menganggu operasional pembangkitan listrik di unit 1, 2 dan 3 milik Star Energy Darajat. **

.

Categories:Daerah,
Tags:,