Sodetan Cisangkuy Alternatif Tekan Banjir Bandung Selatan

Sodetan Cisangkuy Alternatif Tekan Banjir Bandung Selatan

Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tinjau Retensi Sodetan Cisangkuy. (foto - @kang.dadangsupriatna)

Bandung  -  Pembuatan   Sodetan  Sungai  Cisangkuy  sedikitnya  berpeluang   menekan  (mengurangi)  banjir  menerjang wilayah Bandung Selatan.

Dalam pembangunannya, Sodetan Cisangkuy yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung pun ditinjau oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil, pada Senin 22 November 2021.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk survei pengerjaan sodetan Sungai Cisangkuy di kawasan Dayeuhkolot, dalam upaya untuk mengatasi banjir saat musim hujan tiba.

Lewat akun Instagram @kang.dadangsupriatna menyatakan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi banjir yakni mulai dari pembuatan Kolam Retensi Cieunteung, Terowongan Nanjung, polder-polder ditambah rencana Kolam Retensi Andir.

"Semua itu secara signifikan telah mengurangi luasan banjir," kata Dadang.

Diakui, banjir selalu menjadi masalah di wilayah Bandung selatan ketika musim hujan. Namun dengan adanya sejumlah upaya penanganan, maka luasan banjir mengalami penurunan.

"Bahkan, banjir tahunan di wilayah Bandung Selatan yang semula mencapai 370-an hektar, sekarang tinggal menyisakan sekitar 72 hektar," tambahnya.

Dadang mengatakan, dirinya bersama Ridwan Kamil dan BBWS Citarum melakukan survei lokasi pembuatan sodetan Cisangkuy, karena ini merupakan salah satu alternatif dalam penanganan banjir.

Yakni dengan membelokkan arah aliran sungai, sehingga menjauh sekitar 1,7 kilometer dari kawasan permukiman.

"Lewat pembangunan Sodetan Cisangkuy, kita harapkan dampaknya luar biasa terhadap penanggulangan banjir di Dayeuhkolot," tegasnya. **

.

Categories:Daerah,
Tags:,