Yoga Dapat Lawan Risiko Penyakit Jantung

Yoga Dapat Lawan Risiko Penyakit Jantung

Yoga ditengarai dapat menurunkan faktor-faktor penyebab penyakit jantung.(Foto:Net)

Bandung-Hidup sehat itu menyenangkan. Jauh dari penyakit, dan  bisa menjadi percontohan bagi lingkungan sekitar. Seperti yang dilakukan beberapa artis Indonesia, sebut saja Anjasmara, Wanda Hamidah, Maudy Koesnaedi, dan sejumlah artis lain yang sejak beberapa tahun terakhir menekuni Yoga. 
"Dengan yoga saya merasa lebih tenang, berpikir positif dan lebih hebat lagi ini semacam olahraga jiwa," ujar aktor Anjasmara. Suami Dian Nitami ini belakangan juga  kerap dipanggil sebagai instruktur diacara-acara khusus Yoga atau menjadi bintang tamu. 
 
Politikus Wanda Hamidah, meski mengaku belum lama menekuni yoga, ia mengaku yoga bisa merubah cara pandangnya dalam melihat persoalan. "Lebih percaya diri aja, enggak tahu kenapa yoga telah memberiku semangat, rasa aman dan lebih tenang," katanya.  
Pengalaman dua selebriti Indonesia ini ternyata bisa dijadikan masukan paling berharga. Tetapi ternyata dengan melakukan yoga dapat menjadi cara yang bagus untuk melawan risiko terkena penyakit jantung, ini menurut hasil penelitian di Belanda.
 
Hasil tinjauan terhadap 37 kajian yang melibatkan nyaris 3.000 orang menunjukkan yoga terkait dengan penurunan faktor-faktor penyebab penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.
“Temuan itu mengindikasikan bahwa yoga sangat berguna dan, menurut pandangan saya, baik untuk didalami sebagai praktik penurunan risiko (penyakit jantung),” kata Profesor Myriam Hunink dari Pusat Medis Universitas Erasmus, Rotterdam.
 
Laporan yang dituangkan dalam European Journal of Preventive Cardiology itu diamini Maureen Talbot, perawat senior bidang jantung di Yayasan Jantung Inggris.
“Manfaatnya (yoga) bisa ditimbulkan dari melatih otot dan pernapasan. Hal ini bisa memacu oksigen lebih banyak ke tubuh sehingga tekanan darah menurun. Meski demikian, kajian mendalam amat direkomendasikan untuk meninjau manfaat penuh dari praktik yoga,” ujarnya.
Yoga ialah praktik yang dikembangkan di India sejak masa lampau. Latihan yoga berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan untuk menyokong kondisi fisik dan mental.
Adapun yoga memiliki beberapa jenis, seperti tantrik, Hatha, dan Ashtanga. Bagaimana dengan Anda pembaca? ayo mumpung masih banyak kesempatan. (Ode)**
.

Categories:Gaya hidup,