ASEAN Siap Menuju Komunitas Bersama

ASEAN Siap Menuju Komunitas Bersama

ilustrasi

Jakarta  - Indonesia dan sembilan negara anggota perhimpunan negara-negara Asia Tenggara, ASEAN, bersiap menuju sebuah komunitas bersama yang diharapkan menjadi entitas kuat di belahan bumi bagian utara menjelang akhir tahun 2014.

Komunitas ASEAN atau ASEAN Community itu, mengandung tiga pilar utama yang menjadi fokus kerja sama negara-negara anggota, yaitu terkait keamanan, ekonomi, serta sosial dan kebudayaan.

Berdasarkan rencana awal, perwujudan Komunitas ASEAN mulai dilaksanakan pada 1 Januari 2015, namun tenggat waktu tersebut diundur menjadi 31 Desember 2015 karena dianggap masih banyak kurangnya persiapan untuk sebuah kawasan yang terintegrasi.

Komunitas ASEAN juga bertujuan untuk memajukan negara yang lemah dan bukan mengeruk keuntungan darinya.

Kerja sama tersebut tidak selalu mengarah pada bidang ekonomi, meskipun tidak dimungkiri bahwa ekonomi memang menjadi motor penggerak rencana ini, misalnya dampak dari Komunitas ASEAN adalah terciptanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan Komite Masyarakat Ekonomi ASEAN yang telah dibentuk pemerintah, harus segera meningkatkan kesiapan masyarakat Indonesia menghadapi penerapan MEA.

"Waktu untuk menghadapi MEA sudah tak lama lagi, sehingga Komite MEA harus serius meningkatkan pengetahuan dan daya saing masyarakat," kata Puja di Jakarta, belum lama ini.

Oleh karena itu, Puja mengatakan Komite MEA harus segera mengambil tindakan edukatif untuk menangani rendahnya pemahaman sebagian besar masyarakat dalam negeri terkait penerapan MEA kelak.(Ode)**

.

Categories:Internasional,