Indonesia-Portugal Eratkan Ekonomi dan Pariwisata

Indonesia-Portugal Eratkan Ekonomi dan Pariwisata

Lisabon – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Portugal Anibal Cavacco Silva, sepakat untuk meningkatkan kerjasama utamanya di bidang ekonomi dan pariwisata. Selain itu, kedua kepala negara juga sepakat untuk lebih mempererat hubungan di antara kedua negara, juga meningkatkan kerjasama di berbagai bidang lainnya.

Demikian hasil pertemuan bilateral antara Presiden SBY dengan Presiden Anibal Cavacco Silva yang dilangsungkan di kantor Presiden Portugal, Palacio de Belem, Lisabon, Jumat (19/09/2014).

Presiden SBY mengungkapkan, dirinya dan delegasi merasa bersyukur, gembira dan terhormat bisa berkunjung ke Portugal. "Portugal adalah negara yang punya peradaban, budaya dan kemajuan sejak berabad-abad silam. Negara indah dan maju jadi simbol dari kemajuan di dunia dan Eropa," tukas orang nomor satu di Indonesia ini. Karenanya, SBYsangat  berharap, melalui kunjungan ini maka kedua negara semakin meningkatkan persahabatan dan kemitraan. Apalagi dalam 16 tahun kerjasama bilateral antara Indonesia dan Portugal terasa semakin menguat dan berkembang.

Seperti diberitakan, Presiden SBY beserta Ibu Negara dan rombongan, tiba di Lisabon ibukota Portugal, setelah menempuh perjalanan dengan pesawat Garuda Airbus 330-300. Rombongan mendarat di  Bandara MiliterFigo Maduro sekitar pukul 21.00 waktu setempat, Kamis (18/09/2014).

Presiden beserta rombongan akan berada di Portugal hingga Sabtu (20/09/2014). Pada Jumat (19/09/2014) Presiden SBY bertemu Presiden Republik Portugal Anibal Cavaco Silva di Palacio de Belem. Setelah itu, Presiden SBY diterima Perdana Menteri Pedro Passoss Coelho di kediaman pribadinya. Presiden SBY juga akan diterima KetuaParlemen Portugal Maria AssuncaoEsteves di gedung parlemen.

Tampak dalam rombongan di lawatan kali ini sejumlah menteri di antaranya Menko Polhukam DjokoSuyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Seskab Dipo Alam. Tampak pula pengamat lingkungan hidup yang juga KetuaWantimpres Emil Salim dalam rombongan besar Presiden SBY, Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto, dan Dirut Garuda Indonesia EmirsyahSatar. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,