Berkurang, Jemaah Haji Indonesia yang Tersesat

Berkurang, Jemaah Haji Indonesia yang Tersesat

Jakarta - Kasi Perlindungan Jemaah PPIH Madinah, Letkol Syafruddin Tanjung mengatakan, jumlah jemaah asal Indonesia yang tersesat di Masjid Nabawi terus mengalami penurunan. Padahal, dua pekan lalu kasus jemaah haji tersesat di Masjid Nabawi hampir seribu kejadian.

“Namun setelah diberikan wejangan-wejangan kepada para ketua kloter dan ketua rombongan juga para jemaah haji, kasus jemaah haji tersesat menurun drastis. Saat ini jemaah haji yang tersesat hanya sekitar 8 kasus sehari," katanya, Jumat (19/09/2014).Ia mengatakan, kebanyakan jemaah haji yang tersesat di Madinah karena mereka tak hafal lokasi pemondokannya. Namun setelah diberikan pengarahan oleh petugas haji, jemaah yang tersesat pun terus berkurang.Bagi para jemaah haji yang tersesat, akan langsung diantar petugas sektor khusus Masjid Nabawi ke pemondokannya. Seperti diketahui, kasus jemaah haji tersesat sempat meresahkan karena jumlahnya sangat banyak bahkan mencapai 1.000 kasus dalam 10 hari pertama kedatangan jamaah haji di Madinah. 

Kondisi ini sempat membuat petugas kewalahan. Namun para petugas di sekitar Masjid Nabawi 24 jam mengawasi para jemaah yang tersesat.Apa yang dilakukan petugas tersebut, ternyata sangat membantu bagi para jemaah haji asal Indonesia yang tersesat karena tak hafal lokasi pemondokannya. (AY)

 

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,