45 Negara Meriahkan Asian Games 2014

45 Negara Meriahkan Asian Games 2014

Korea Selatan - Pesta olahraga multieven bagi negara-negara di kawasan Asia (Asian Games) 2014 resmi dibuka. Sebanyak 45 negara peserta mengikuti kemeriahan pembukaan Asian Games yang dilangsungkan di Stadion Utama Asiad, Incheon, Korsel, Jumat (19/09/2014).

Di stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu juga ditampilkan kebudayaan dari 45 negara peserta serta tarian dan lagu tradisional Korsel. Para penari mengenakan pakaian tradisional hanbok.

Setelah rangkaian penampilan para seniman, pembukaan dilanjutkan dengan perkenalan seluruh negara peserta. Masing-masing perwakilan memasuki area lapangan. Satu orang membawa bendera negara dalam ukuran besar dan yang lainnya mengibarkan bendera kecil yang dilambaikan para atlet ke arah penonton.

Kontingen Indonesia dipimpin perenang asal Bali, I Gede Siman Sudartawa yang membawa bendera Merah Putih. Seluruh anggota kontingen Indonesia menggunakan jaket berwarna merah-putih. Tampak Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Roy Suryo hadir di tribun dan menyambut kontingen Indonesia dengan antusias.

Pada Asian Games yang ketiga bagi Korsel ini, Indonesia menargetkan sembilan medali emas atau masuk 10 Besar pada ajang multieven antarnegara Asia itu. Medali tersebut diproyeksikan bisa diraih dari bulu tangkis, angkat besi, dan voli pantai.

Asian Games 2014 yang mengusung moto "Diversity Shines Here" merupakan edisi ke-17. Ada 439 even olahraga dari total 36 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sementara itu, jumlah atlet yang berpartisipasi tercatat 9.535 orang dari 45 negara peserta. Indonesia mengirim 188 atlet dari 23 cabor yang akan bersaing dengan atlet dari 44 negara lainnya. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,