Dua Balai Penelitian di Jabar Terunggul

Dua Balai Penelitian di Jabar Terunggul

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (Foto: Cikalnews/Ade)

Bandung - Dua balai penelitian di Jawa Barat meraih Anugerah Terunggul dalam penganugerahan Pusat Unggulan Iptek yang digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.

"Dua balai penelitian yang diberi anugerah terunggul dari Jawa Barat yaitu Pusat Penelitian Karet dan Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia di Bogor," kata Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar melalui siaran pers, Rabu (17/12/2014).

Ia menuturkan, penganugerahan itu diberikan pada lembaga penelitian yang dinilai unggul dengan indikator memiliki objek spesifik khusus melaksanakan litbang dari hulu ke hilir sehingga hasil produk dan jasa relevan bagi masyarakat, dan mampu jadi rujukan tentang bidangnya bagi nasional.

Selain itu, lembaga tersebut juga harus memiliki kemampuan menyerap informasi dari luar, memberdayakan sumber daya lokal dengan maksimal, serta menyebarluaskan hasil litbang kepada masyarakat luas.

Deddy menyampaikan bahwa sudah seharusnya penelitian dilakukan bukan hanya di hulu tetapi ada juga penelitian di hilir.

Ia berharap, penelitian tidak hanya bertujuan hasilnya menjadi tahu, tetapi ada pemberdayaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Dengan begitu penelitian tidak sekedar membuat kita menjadi tahu, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, penganugerahan yang digelar di Jakarta, Selasa (16/12) itu sekaligus dilakukan penandatanganan master plan 11 lembaga penelitian baru yang akan dibina dan dikembangkan menjadi Pusat Unggulan Iptek.

Total lembaga penelitian dari berbagai bidang di Indonesia yang mulai dibina 2015 bertambah menjadi 27 lembaga. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,