TKI Harus Bersertifikasi

TKI Harus Bersertifikasi

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung- Anggota DPRD Provinsi Jabar berharap kepada pemerintah agar setiap pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor rumah tangga harus sudah bersertifikasi yang siap bekerja sesuai bidang kemampuannya.

"Pemerintah seharusnya memberikan pelatihan, sertifikasi, sehingga TKI yang dikirim benar-benar siap," kata Ketua Komisi V DPRD Jabar Agus Wellyanto kepada wartawan di Bandung, Rabu (17/12/2014).

Ia menuturkan, pemerintah harus memperbaiki sistem dan mekanisme pengiriman TKI terutama sektor rumah tangga untuk mencegah persoalan negatif dialami TKI di negara asing.

Ia berharap, calon TKI sektor rumah tangga terlebih dahulu diseleksi kemampuannya kemudian diberi pelatihan sesuai bidang pekerjaannya, kemudian kemampuan berbahasa negara yang akan dituju.

Menurut dia, pengiriman TKI yang terjadi selama ini cenderung tidak memiliki kemampuan di bidang yang akan dikerjakannya di negeri orang lain.

"Jadi ke depannya pemerintah harus lebih ketat. Harus orang yang betul-betul punya keterampilan dan sudah disertifikasi yang boleh bekerja di luar negeri," katanya.

Selain menerapkan sertifikasi, semua pihak yang terkait dapat bersinergi dalam memberikan pembekalan secara maksimal bagi calon TKI.

Bahkan, lanjut dia, pemerintah juga harus lebih maksimal memberikan perlindungan hukum bagi TKI yang menghadapi persoalan di negara tempat bekerjanya.

"Agen pengirimnya juga harus resmi, jangan liar. Pemerintah juga harus maksimal memberikan perlindungan hukum," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,