Mullah Radio Biang Pembantaian Anak di Pakistan

Mullah Radio Biang Pembantaian Anak di Pakistan

Maulana Fazlullah.(Foto:Net)

Jakarta  - Jika Anda ingin berbicara dengan orang yang kemudian disebut "Mullah Radio" ini maka Anda harus pergi mendaki gunung di barat daya Pakistan, tulis wartawan Nicholas Schmidle yang pernah mendatangi sang mullah pada 2007, dalam The Washington Post.

Nama aslinya Maulana Fazlullah dan Lembah Swat nan indah di Pakistan itu dia mengoperasikan radio FM ilegal yang isinya mengkritik bahaya pendidikan bagi kaum perempuan dan menyeruhkan jihad menentangnya.

Di desanya dia dikultuskan, bahkan para wanita desa itu menyumbangkan kalung dan gelang untuk perjuangannya.

"Dia sungguh di luar kendali. Ambisinya adalah mendirikan emirat Islam di Swat," kata seorang pemimpin setempat kepada Schmidle.

Ambisi itulah yang mengantarkan dia menjadi pemimpin puncak Taliban Pakistan tahun lalu dan dimanifestasikan dengan aksi-aksi mengerikan seperti terjadi Selasa lalu ketika lebih dari 130 anak sekolah dan guru di sebuah sekolah dibantai di Pakistan barat daya itu.

Menurut Washington Post, pembunuhan itu adalah jawaban atas penumpasan militer oleh pemerintah Pakistan terhadap aktivitas-aktivitas Taliban di kantong-kantong perlawanannya.

Dengan membantai anak-anak sekolah itu mereka mewanti-wanti keberadaan Taliban dan punya kekuatan untuk menyebabkan kerusakan.

Pembunuhan murid-murid sekolah itu juga merefleksikan hasrat Fazlullah untuk memupus kesempatan kaum wanita untuk mendapatkan pendidikan.

Sejak 2009, Taliban Pakistan menyasar lebih dari 1.000 sekolah.

Penyerangan Selasa lalu bukanlah yang pertama yang dilakukan Fazlullah karena pada 2012 dia menyatakan bertanggung jawab atas upaya pembunuhan Malala Yousafzai yang menulis di sebuah blog mengenai kehidupan mengerikan di bawah Taliban dan menjadi peraih Hadiah Nobel Perdamaian.

Fazlullah mengutus seorang eksekutor untuk menembak kepala Malala selagi bepergian dengan sebuah bus sekolah.

Tetapi berbeda dari pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS Abu Bakr al-Baghdadi atau pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau, Fazlullah adalah pemimpin karismatik yang tidak dibesarkan di medan perang, melainkan lewat publikasi.(Ode)**
 
.

Categories:Internasional,