Helarfest Meriahkan Peringatan KAA ke-60

Helarfest Meriahkan Peringatan KAA ke-60

Ajang kreasi komunitas kreatif Kota Bandung, Helarfest akan memeriahkan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada April 2015 di Kota Bandung.(Foto:Net)

Bandung - Ajang kreasi komunitas kreatif Kota Bandung, Helarfest akan memeriahkan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada April 2015 di Kota Bandung.

"Peringatan KAA menjadi momentum penting karena peristiwa bersejarah itu telah menjadi inspirasi bagi negara di Asia dan Afrika untuk bangkit dan merdeka," kata konseptor Helarfest Gustaf H Iskandar di Bandung, Kamis (18/12/2014).

Setiap penyelenggaaan Helarfest memiliki format dan bentuk yang berbeda namun dengan penekanan yang sama yakni perayaan budaya untuk menampilkan berbagai bentuk potensi ekonomi kreatif Kota Bandung.

Helarfest 2015 dengan tagline Bandung Statemen, yang merupakan istilah populer dunia internasional pasca KAA yang mencerminkan Dasa Sila Bandung merupakan ajang perayaan budaya namun juga sekaligus akan dilakukan pemetaan potensi kota dan pemberdayaan warga yang akan membentuk konstruksi identitas dan narasi kota.

Sementara itu Direktur Helarfest, Tegep Oktaviansyah menyebutkan Helarfest 2015 akan diselenggarakan dengan sistem yang terintegrasi, dimana sistem transportasi dan akomidasi bagi pengunjung akan direncanakan dengan seksama agar event ini tidak menimbulkan masalah seperti macet, sampah dan lainnya.

"Helarfest 2015 harus membawa manfaat bagi ekonomi warga dan seluruh pelakunya. Selain itu jjga menjadi ajang ekspresi budaya masyarakat dan dapat memberi identitas sekaligus branding bagi Kota Bandung," katanya.

Pihaknya akan bekerjasama dengan maskapai penerbangan dan berbagai perusahaan transportasi dan restoran serta insan pariwisata lainnya termasuk warga kampung kreatif.

Helarfest merupakan salah satu program utama Bandung Creatif City Forum (BCCF) yang merupakan event berbentuk pameran, konser, workshop, konferensim seni pertunjukan dan lainnya.

Pada 2018 Helarfest digelar 31 event yang digelar selama 1,5 bulan, kemudian tahun 2009 67 ebent dengan 2,5 bulan penyelenggaraan.

Tahun 2012 Helarfest digelar dengan format berbeda yang mengangkat empat elemen utama Kota Bandung berbasis komunitas yakni Kampung Festival untuk kampung , River Cinema untuk sungai, Ulin Bandung untuk taman dan Lightchestra untuk hutan kota. (AY)

.

Categories:Bandung,