Swiss Perkenalkan Suku Bunga Negatif

Swiss Perkenalkan Suku Bunga Negatif

Ilustrasi Foto.(Net)

Zurich - Bank sentral Swiss pada Kamis (18/12/2014) mengumumkan pihaknya memperkenalkan suku bunga negatif, dalam upaya untuk menghentikan franc Swiss -- mata uang "safe haven" -- dari kenaikan nilai lebih lanjut.

Swiss National Bank (SNB) memberlakukan tingkat suku bunga -0,25 persen pada deposito bank tertentu, dengan tujuan mendorong kisaran target suku bunga acuan ke wilayah negatif.

Tingkat suku bunga pada apa yang disebut "sight deposits", dana yang bisa diakses segera, akan mulai berlaku pada 22 Januari dan hanya berlaku untuk saldo di atas ambang tertentu.

SNB mengatakan tujuannya adalah untuk membawa tingkat suku bunga Libor tiga bulan, yang Swiss gunakan untuk menentukan suku bunga hipotek (KPR) dan tabungan, ke wilayah negatif.

Kisaran target untuk Libor - suku bunga Libor (London interbank offered rate) resmi franc tiga bulan -- sekarang antara -0,75 persen dan 0,25 persen, turun dari antara 0,0 persen dan 0,25 persen.

Analis telah memperkirakan bank akan mendorong tingkat suku bunga ke wilayah negatif, yang dirancang untuk membuatnya kurang menarik untuk memegang investasi franc Swiss.

SNB menegaskan kembali "tekad maksimal" untuk menghentikan kenaikan nilai mata uang Swiss dan mempertahankan lantai nilai tukar 1,20 franc terhadap euro, dalam upaya untuk melindungi industri ekspor penting negara itu.

"Selama beberapa hari terakhir, sejumlah faktor telah mendorong meningkatnya permintaan untuk investasi yang aman," katanya.

"Pengenalan suku bunga negatif membuatnya kurang menarik untuk memegang investasi franc Swiss, dan dengan demikian mendukung nilai tukar minimum." "SNB siap untuk membeli mata uang asing dalam jumlah tak terbatas dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut, jika diperlukan." (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,