Pemain Timnas U-23 dan U-22 Jalani Tes Fisik

Pemain Timnas U-23 dan U-22 Jalani Tes Fisik

Sejumlah pemain Tim Nasional (Timnas) U-23 melakukan latihan

Jakarta  - Sebanyak 24 pemain Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk kualifikasi Piala AFC U-22 dan SEA Games 2015 menjalani tes fisik sebelum menjalankan program yang dibuat oleh pelatih. 

Tes fisik sendiri dilakukan di Lapangan Futsal Komplek POR Sawangan Depok, Jawa Barat, Jumat (19/12/2014), dan dipimpin langsung oleh pelatih timnas Aji Santoso berikut jajaran pelatih lainnya.

Semua pemain yang ada terbagi dalam tiga kelompok pada tes ini. Masing-masing kelompok diharusnya berlari sejauh 20 meter bolak-balik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan fisik pemain usai libur aktifitas.

"Secara umum pada tes pertama ini kondisi pemain dalam tahap normal. Ada yang bagus, ada pula yang kurang bagus," kata Aji Santoso usai memimpin tes fisik pemain.

Menurut dia, tes fisik yang dilakukan tidak hanya untuk mengetahui kondisi terakhir pemain, tetap juga untuk mengetahui ketahanan pemain termasuk VO2Max atau kemampuan paru-paru menyerap oksigen.

Berdasarkan catatan dari tim pelatih, VO2Max pemain pada tes pertama ini sudah diatas 57. Dengan program yang dibuat saat ini pihaknya optimistis kemampuan fisik pemain akan terus meningkat.

Setelah menjalani tes fisik, pemain yang sudah hadir akan menjalani latihan sesuai dengan program yang ditetapkan. Program yang disiapkan sedikit berubah seiring dengan batalnya pertandingan uji coba melawan Qatar di Australia, 5 Januari 2015.

Sebagai pengganti, PSSI masih melakukan komunikasi dengan Suriah. Hanya saja hingga saat ini belum mendapatkan waktu pelaksanaannya. Selain itu, Timnas Garuda Muda juga direncanakan akan turun di turnamen Marahalim Cup di Medan, 9-14 Januari.

"Selama pemusatan latihan ini kami menjadwalkan minimal ada dua uji coba. Satu uji coba dengan tim lokal dan satu dengan tim asing," kata Aji menegaskan.

Pemusatan latihan di Lapangan POR Sawangan akan berakhir 6 Januari nanti. Hanya saja hingga saat ini belum semua pemain. Ada enam pemain yang belum datang dan akan ditunggu hingga 21 Desember dan jika tidak hadir berpeluang diganti dengan pemain lain.(Ode)**

 

.

Categories:Sepak bola,