Kantor Imigrasi Miliki Unit Pelayanan Paspor

Bandung – Meningkatnya permintaan masyarakat akan pembuatan paspor selama lima tahun terakhir, mendorong Kantor Imigrasi Kelas I Bandung mendirikan Unit Pelayanan Paspor Wilayah I, yang beralamat di Gedung PT Binacitra Kharisma Lestari Lt. 3, Jl. Soekarno Hatta No 162 Kota Bandung.

Unit pelayanan masyarakat ini diresmikan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yassona H. Laoly pada Jumat (19/12/2014) pagi.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, lokasi unit pelayanan paspor yang berada di tegah kota ini juga memudahkan jangkauan masyarakat dalam membuat paspor. Dengan demikian, menurut Yassona pembentukkan unit pelayanan paspor ini telah mewujudkan salah satu program nawacita, yaitu memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokratis.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Masnusia  mengatakan, dalam mendukung pembentukkan unit pelayanan paspor ini masih mengalami kendala, seperti  penyediaan lahan yang strategis. Oleh sebab itu dirinya menghimbau kepada pihak pemerintah pusat berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah setempat.

“Kendala hanya satu, penyediaan lahan yang strategis untuk pembangunan unit pelayanan ini, namun pemerintah pusat harus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, demi terwujudnya pelayanan masyarakat yang lebih baik”, ungkapnya usai peresmian Unit Pelayanan Paspor tersebut.

Hal senada diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, yang turut mendampingi Menteri Hukum dan HAM, dibentuknya unit pelayanan paspor ini berperan penting dalam membantu percepatan pelayanan publik, terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menurutnya, pada MEA mendatang, tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak masyarakat Jawa Barat yang membutuhkan paspor, guna meningkatkan daya saingnya di internasonal.

“Unit ini akan sangat membantu. Selain percepatan, juga ketepatanny, ketelitian juga dapat lebih diperketat, sehingga tidak ada lagi paspor-paspor gelap akibat tidak terjangkaunya pelayanan pembuatan paspor”, paparnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,