Bandung Selatan Masih Digenangi Banjir

Bandung Selatan Masih Digenangi Banjir

Banjir landa rumah warga di wilayah Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung, Sabtu Dinihari (20/12/2014).(Foto:TrisDoddy/CikalNews)

Bandung - Hingga Sabtu (20/12) dinihari, kawasan Bandung Selatan masih digenangi banjir.  Intensitas hujan yang tinggi sejak Jumat sore pukul 18.00 WIB, menyebabkan kawasaan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung masih digenangi banjir hingga setinggi 1 hingga 2 meter..
Warga Palasari, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung  tengah mengungsi di Masjid Al Amanah dan sebagian lagi di SD Pasawahan. Sedangkan beberapa warga lainnya masih bertahan di rumahnya.

Dari data yang diperoleh CikalNews.com, banjir melanda rumah warga di daerah tersebut hingga 1 meter lebih atau seleher orang dewasa. Sejumlah lokasi yang masih terendam banjir yaitu RT 02, 68 rumah yang terdiri atas 148 KK, RT 03 ada 88 rumah yang terdiri dari 127 KK.

Budi Hartono, ketua Rw 04 mengatakan di wilayah tersebut memang sudah biasa menjadi langganan banjir terutama saat musim hujan di bulan Desember seperti ini.

"Curah hujan tinggi, solokan dan gorong-gorong di sini kurang penanganannya. Bisa dilihat solokannya sempit sekali kalau soal kebersihan warga sini sering mengadakan Jumsih atau kerja bakti," Ucapnya di lokasi banjir, Sabtu dini hari (20/12/2014).

Dirinya menjelaskan, selain itu keadaan sungai Citarum yang mengalami pendangkalan menjadi satu faktor yang menyebabkan banjir di wilayah Bandung Selatan ini.

"Sungai Citarum ini juga dangkal, jadi kalau hujan deras ga bisa nampung, saya berharap solokan solokan yang di pinggir PT dibenerin sampai sekarang disitu sudah sempit dan rusak," paparnya.

Pantauan CikalNews.com hingga pukul 01.30 air semakin naik hingga 2 meter di daerah tersebut. Warga pun turun ke jalan untuk menghalau kendaraan yang masuk ke daerah Dayeuhkolot karena kondisi air banjir masih tinggi. Selain itu diketahui banjir juga melanda daerah Baleendah, Banjaran, Bojongsoang Kabupaten Bandung. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,