Waspadai Banjir Lahar Dingin Gamalama

Waspadai Banjir Lahar Dingin Gamalama

Ilustrasi Foto(Net)

Ternate - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta kepada warga di daerah ini, khusus yang rumahnya berada di kawasan bantaran kali untuk mewaspadai banjir lahar dingin pasca erupsi Gunung Gamalama.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate Sutopo Abdullah mengatakan di Ternate, Sabtu (20/12/2014), abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama pada Kamis malam (18/12) dan Jumat petang (19/12), kini menumpuk di lereng gunung setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu.

Jika hujan deras turun kawasan Gunung Gamalama maka tumpukan abu vulkanik tersebut akan terbawa arus ke wilayah Kota Ternate melalui puluhan kali yang melintas di permukiman warga, yang tidak tertutup kemungkinan berubah menjadi banjir lahar dingin.

Oleh karena itu, kata Sutopo Abdullah, warga yang rumahnya berada di bantaran kali jika hujan turun deras harus waspada dan segera menjauh ke tempat yang aman jika air di kali yang membawa lahar dingin telah meluap.

Pemkot telah menetapkan siaga banjir lahar dingin terkait erupsi Gunung Gamalama tersebut, sehingga pemkot bersama instansi terkait lainnya siap membantu warga jika terjadi banjir lahar dingin di daerah ini.

Ia mengatakan, pemkot telah menyiapkan 15 titik untuk pengungsian warga jika terjadi banjir lahar dingin tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamata Ternate Utara, Ternate Tengah dan Ternate Selatan.

Pada erupsi Gunung Gamalama tahun 2012 sempat menimbulkan bajir lahar dingin mengakibatkan belasan warga tewas terbawa arus bajir lahar dingin dan ratusa rumah warga yang berada di bantaran kali mengalami rusak berat dan ringan.

Sementara itu, keterangan dari Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama menyebutkan bahwa aktivitas vulkanik gunung itu masih menunjukkan peningkatan, sehingga statusnya tetap siaga. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,