Indonesia Sukses Tuan Rumah POM ASEAN dan Juara Satu

Indonesia Sukses Tuan Rumah POM ASEAN dan Juara Satu

Atlet Putra Pencak silat putra Indonesia Firman menunjukkan medali emas miliknya usai mengalahkan atlet Vietnam Bui Ba Duc pada final nomer A putra Asean University Games di Graha Serbaguna Jakabaring Palembang

Palembang  - Indonesia sukses menjadi tuan rumah ASEAN University Games (POM ASEAN) dan sukses mengukir prestasi dalam event yang digelar di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 10-21 Desember 2014.

"Seluruh cabang olahraga Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara ini telah dipertandingkan dan deselesaikan dengan baik sesuai jadwal yang ditetapkan, bahkan dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan bisa meraih medali emas terbaik dan menjadi juara umum," kata Panitia Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (ASEAN University Games) XVII, Asdit Abdullah di Palembang, Minggu (21/12/2014).

Dia menjelaskan, 20 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni sepak bola, sepak takraw, voli, wushu, taekwondo, karate, catur, tenis lapangan, panahan, tenis meja, voli pantai, bulu tangkis, futsal, atletik, renang, anggar, pencak silat, selam, bola basket, dan pentaque.

Berdasarkan data perolehan medali, kontingen tuan rumah Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama, sedangkan peringkat kedua ditempati Thailand dan peringkat ketiga dipegang kontingen Malaysia.

Tim Indonesia berada pada posisi puncak POM ASEAN dengan perolehan 57 medali emas, 68 perak, dan 43 perunggu, sedangkan Thailand di peringkat dua dengan perolehan medali (50 emas, 31 perak, 20 perunggu), dan peringkat ketiga dipegang kontingen Malaysia (32 emas, 35 perak, 46 perunggu).

Sementara kontingen Brunei Darussalam merupakan satu-satunya peserta yang tidak memperoleh medali karena selama berlangsungnya event tersebut meskipun telah berjuang maksimal belum berhasil menang satu kalipun hingga hari terakhir pertandingan. 

Berikut ini perolehan medali dan peringkat 11 negara peserta Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) 2014 :



Negara Emas Perak Perunggu

1. Indonesia 57 68 43

2. Thailand 50 31 20

3. Malaysia 32 35 46

4. Vietnam 24 14 2

5. Filipina 10 10 18

6. Laos 6 6 13

7. Singapura 4 9 9

8. Myanmar 0 3 7

9. Kamboja 0 2 0 

10. Timor Leste 0 0 1

11. Brunei 0 0 0 



POM ASEAN direncanakan ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Minggu malam, dimeriahkan 300 penari dari mahasiswa Universitas 
Sriwijaya di bawah pimpinan koreografer Denny Malik.

Selain penampilan mahasiswa yang akan membawakan tarian kolosal, karnaval, talempong, dan rebana yang bernuansa melayu modern, juga akan dimeriahkan penampilan grup musik Indonesia Nidji, Leonardi Boy, Aro The 
Voice, Leonal dan atraksi hiburan lainnya, ujarnya. (Ode)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,