Pojok Rakyat Peduli UMKM di Carrefour

Pojok Rakyat Peduli UMKM di Carrefour

Satria Hamid wakil dari Carrefour Indonesia saat memberikan pengarahan kepada para pelaku UMKM Jawa Barat. (Foto : ADE)

Bandung – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), PT. Trans Retail Indonesia sebagai perusahaan penaung Carrefour Indonesia, sejak tahun 2012 membuka gerai Pojok Rakyat sebagai tempat menjual produk UMKM. Dari 85 toko Carrefour yang tersebar di Indonesia, program Pojok Rakyat baru bisa dijalankan di 9 toko.

 

Menurut salah seorang pejabat PT. Trans Retail Indonesia, Bandung, Satria Hamid, sejak ritel yang dikelolanya memegang hak penuh 100 persen milik orang Indonesia, Carrefour baru bisa membuka gerai untuk mewadahi produk-produk hasil UMKM.

 

“Program Pojok Rakyat di buat karena ingin mengangkat potensi UMKM daerah yang terbilang menarik dan bagus jika dikembangkan. Pelaku UMKM kebanyakan kurang tahu bagaimana caranya agar produk mereka bisa menembus retai nasional,” ungkap Satria Hamid, Minggu (21/12/2014).

 

Banyak ditolaknya produk UMKM untuk masuk pasar retail modern berskala nasional, karena mereka masih belum bisa memenuhi standar produk yang diperlukan.

 

“Untuk produk makanan dan minuman, label Depkes PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) harus ada, sertifikasi halal dari MUI pun wajib ada, serta mencantumkan informasi bahan baku, nilai gizi, dan barcode. Ini yang kadang kurang diperhatikan pelaku UMKM dalam memproduksi barang. Bentuk kemasan yang enak dipandang juga penting untuk menarik orang belanja di supermarket,” ujar Satria Hamid.

 

Di Pojok Rakyat semua produk UMKM bisa dipasarkan di Carrefour asal memenuhi standar dan kriteria penerimaan barang.

 

“Pihak kita membuka kesempatan kerjasama dengan UMKM dengan kontrak satu tahun, sistem di kita akan ada ; pembelian putus, konsinyiasi, dan pengembalian barang. Untuk produk hasil UMKM kita akan melakukan pembayaran dari 7 hari sampai 10 hari kepada pelaku UMKM”, terang Satria.

 

Retail yang dikelolanya pun sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengangkat masing-masing produk UMKM. Produk makanan, minumuan, pakaian, aksesoris, dan cendera mata pun bisa masuk di jual di gerai Pojok Rakyat.

.

Categories:Ekonomi,
Tags:bandung,