Cisolok Punya Keindahan Pantai yang Memikat

Cisolok Punya Keindahan Pantai yang Memikat

Keindahan pantai Cisolok, Kab. Sukabumi terlihat dari atas. (Foto : Ade)

Sukabumi – Cisolok, Kabupaten Sukabumi ternyata memiliki keindahan pantai yang cukup bagus. Tak kalah dengan pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, atau pantai Parangtritis, Yogyakarta, bahkan pantai di Bali sekalipun. Secara geografis pantai Cisolok berbatasan dengan pantai selatan Banten yang masuk ke Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

 

Jarak pantai Cisolok dari ibukota Kabupaten Sukabumi yaitu Pelabuhan Ratu berada sekitar 11 km. Ini bisa dengan  menelusuri jalan pinggir pantai yang dihiasi keindahan  alam laut yang mempesona, lengkap dengan desiran ombak, dan karang laut.

 

Menurut cerita tokoh pemerintahan di Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Asep Budi di Cisolok ada empat desa yang menjadi objek wisata pantai.

 

“Desa Cisolak, Karang Papak, Pasir Baru, dan Cikahuripan, adalah desa yang berada di pinggir pantai dengan keindahan alam yang menakjubkan,” kata Asep Budi. 

 

Asep Budi menambahkan, yang menjadi tujuan objek wisata dan paling banyak didatangi para turis baik lokal maupun luar negeri, adalah pantai Karang Hawu di Desa Cisolok.

 

“Pantai ini jadi favorit para turis karena keindahan alamnya. Selain di Karang Hawu, pantai yang juga terbilang indah ada di pantai Kebon Kelapa, pantai Nambo di Desa Cisolok, dan pantai Cibangban di Desa Pasir Baru, lalu ada pantai Karang Papak di Desa Karang Papak,” tambahnya.

 

Desa-desa itu memiliki potensi alam laut, dan pantai yang cukup berlimpah, baik berbagai jenis ikan, terumbu karang, atau juga rumput laut. Dari puncak Habibie yang berada 1.000 meter di atas permukaan laut, keindahan pantai selatan Sukabumi, dan pantai Bayah, Banten Selatan begitu terlihat mempesona karena posisi laut dan pantai berada di bawah.

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,