Atletico Dekati Barcelona

Atletico Dekati Barcelona

Pemain internasional Prancis Antoine Griezmann mencetak trigol saat Atletico Madrid tampil gemilang pada babak kedua untuk menang 4-1 atas Athletic Bilbao pada Senin (22/12/2014).(Foto:Net)

Madrid - Pemain internasional Prancis Antoine Griezmann mencetak trigol saat Atletico Madrid tampil gemilang pada babak kedua untuk menang 4-1 atas Athletic Bilbao pada Senin (22/12/2014) dinihari WIB, dan mendekatkan jarak menjadi empat angka dengan pemuncak klasemen Liga Spanyol Real Madrid.

Sang juara bertahan Spanyol terlihat akan menelan kekalahan beruntun di liga untuk pertama kalinya sejak April 2012, ketika Mikel Rico membawa Athletic unggul pada babak pertama.

Namun Griezmann menyamakan kedudukan langsung dari awal babak kedua, dan melengapi trigolnya setelah Raul Garcia membawa tuan rumah memimpin melalui eksekusi penalti.

Kemenangan ini membawa Atletico kembali terpaut tiga angka dengan Barcelona, yang menang 5-0 atas Cordoba pada Minggu, di peringkat kedua.

Bagaimanapun, Real masih memiliki keunggulan satu pertandingan yang belum dimainkan dari rival-rivalnya di liga ketika mereka memenangi trofi keempatnya tahun ini di final Piala Dunia Klub melawan tim Argentina San Lorenzo di Maroko pada Sabtu.

Di San Mames, kedua tim kehilangan sejumlah pemain kunci di mana Aymeric Laporte dan Ander Iturraspe diskors di kubu tuan rumah, sedangkan Atletico tidak diperkuat dua pemain yang diskors yakni Koke dan Mario Mandzukic, serta Miranda yang dibekap cedera.

Tim Basque itu menjadi kubu yang lebih cepat menyesuaikan diri, dan mereka unggul pada menit ke-17 ketika tendangan bebas Markel Susaeta diteruskan ke sudut jauh oleh Rico yang tidak terkawal.

Atletico gagal menciptakan apapun yang layak dicatat pada 45 menit pembukaan, dan mereka bahkan berpeluang tertinggal lebih banyak menjelang turun minum, ketika Aritz Aduritz memutuskan untuk melepaskan tembakan ketika ia mendapat umpan dari Susaeta dan bukannya memilih untuk berusaha berputar ke dalam sebelum kehilangan bola.

Bagaimanapun, sang juara bertahan tampil sebagai tim yang berbeda setelah mendapat dorongan semangat dari Diego Simeone saat turun minum, dan mereka segera menyamakan kedudukan dari kick off ketika mantan pemain sayap Real Sociedad Griezmann bangkit untuk kembali menghantui rival Basquenya dengan tandukan akurat dari umpan silang Juanfran.

Tujuh menit kemudian Atletico melengkapi kebangkitan mereka melalui situasi kontroversial, ketika wasit menunjuk titik putih saat Tiago terjatuh meski hanya ada sedikit kontak antara dirinya dengan Mikel San Jose di kotak terlarang.

Setelah terdapat protes dari para penggemar tuan rumah dan para pemain akhirnya menepi, Garcia tetap berkepala dingin untuk mengecoh Iraizoz dari titik penalti.

Jika pasukan Ernesto Valverde merasa keputusan penalti itu tidak adil, mereka mendapatkan ganjarannya 23 menit sebelum pertandingan usai ketika Iker Muniain lolos dari hukuman keras dan hanya mendapat kartu kuning setelah ia melakukan pelanggaran dengan menghantam lutut bek Jose Gimenez.

Keputusan itu terbukti penting, ketika Atletico mengamankan tiga angka lima menit kemudian, ketika Griezmann mengecoh Carlos Gurgepi untuk dengan tenang memasukkan bola yang dikawal Iraizoz.

Pemain Prancis itu mengunci trigol pertamanya di Atletico sembilan menit menjelang pertandingan usai, berkat situasi kontroversial lainnya ketika ia memasukkan bola ke gawang yang kosong meski terlihat berada di posisi offside, setelah bola memantul meninggalkan Garcia. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,