Polisi Rangkul Ormas Islam Amankan Gereja

Polisi Rangkul Ormas Islam Amankan Gereja

Kapolda Jabar, Irjen Pol. M. Iriawan. (Foto : Ade)

Bandung – Demi meningkatkan rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Jawa Barat, Polda Jawa Barat mengajak beberapa ormas Islam untuk menjaga keamanan gereja pada saat perayaan Natal 25 Desember 2014 hingga 1 Januari 2015. Dirangkulnya ormas Islam dalam pengamanan gereja ini diharapkan bisa mempererat hubungan antara umat Islam dan Kristiani di Jawa Barat.

 

Menurut  Kepala Polsisi Daerah Jawa Barat, Irjen Pol. M. Iriawan, pengamanan kali ini Polda Jabar menggunakan sistem pengamanan baru yaitu merangkul ormas Islam untuk mengamankan perayaan natal di beberapa gereja.

 

“Para ormas Islam didampingi oleh para petugas kepolisian nanti akan mengamankan gereja-gereja yang tersebar di seluruh Jawa Barat. Dengan pola mengajak ormas Islam diharapkan kerukunan antar umat beragama di Jawa Barat bisa terus terjalin,” jelas Irjen Pol. M. Iriawan di halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (22/12/2014).

 

Masih ucap, Irjen Pol. M. Iriawan, dengan pola seperti ini, Polda Jabar ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa kerukanan umat beragama di Jawa itu sangat baik, terbukti dalam saling membantu pengamanan.

 

“Kita ingin membuktikan kepada khalayak luas bahwa Jawa Barat itu aman, dan warganya saling toleransi dalam menjalankan ibadah. Sejauh ini kita sudah sosialisasikan dengan beberapa ormas Islam,” ucapnya.

 

Ormas Islam seperti Banser NU sudah menyatakan siap membantu kepolisian dalam pengamanan gereja pada saat Natal dan Tahun Baru. Umat kristiani biasanya melakukan beribadahan pada tepat tanggal 25 Desember atau 1 Januari dengan menggelar misa Natal.(Ode)**

.

Categories:KopiSore,
Tags:bandung,

terkait

    Tidak ada artikel terkait