Di Kabupaten Bandung Perlu Ada Waduk

Di Kabupaten Bandung Perlu Ada Waduk

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (Foto : ADE)

Bandung – Untuk mencegah bencana banjir yang datang setiap tahun di Kabupaten Bandung, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengusulkan agar di buat waduk di Kecamatan yang kerap dikenangi banjir saat musim penghujan.

 

Menurut pengakuan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, waduk tersebut bisa difungsikan sebagai tempat resapan atau tempat kumpulnya air.

“Keberadaan sungai Citarum saat ini tidak mampu menampung jumlah air yang begitu banyak, makanya meluap menjadi banjir. Di sana diperlukan adanya waduk buatan untuk resapan air atau penampungan air, kita bisa contoh dari Jepang dengan membuat waduk pencegah banjir,” aku Ahmad Heryawan di halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (22/12/2014).

 

Waduk tersebut bisa digunakan multi fungsi saat musim penghujan dan musim kemarau.

 

“Kalau saat musim penghujan waduk tersebut berfungsi sebagai danau resapan, sedangkan jika musim kemarau kita bisa sulap waduk itu menjadi tempat wisata yang menarik,” papar Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan.

 

Dengan dibuatnya waduk buatan, maka banjir tahunan yang melanda Bandung Selatan setidaknya bisa diminimalisir. Penangangan banjir tahunan di DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum perlu mendapatkan perhatian serius dengan memecahkan masalah dari hulu ke hilir. Selain memberbaiki drainase dan kondisi sungai Citarum peran serta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai juga sangat diperlukan.(Ode)**

 

.

Categories:Bandung,
Tags:kab-bandung,