Polda Jabar Waspada Serangan Bom Saat Natal

Polda Jabar Waspada Serangan Bom Saat Natal

Kapolda Jabar, Irjen Pol. M. Iriawan saat menerangkan pengamanan Natal dan Tahun Baru. (Foto : ADE)

Bandung – Untuk mencegah aksi teror bom pada perayaan Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar mengantisipasi ancaman teror tersebut dengan menyiagakan pasukan di setiap gereja di Jawa Barat. Polda Jabar menurunkan pasukan sebanyak 2/3 nya untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2014.

 

Menurut penjelasan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. M. Iriawan, ancaman teror pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru kemungkinan bisa terjadi, untuk antisipasi kita siapkan pasukan khusus anti teror dari Polda Jabar.

 

“Selain menurunkan petugas polisi untuk menjaga gereja, kita juga turunkan tim penjinak bom untuk menditeksi gereja sebelum digunakan merayakan natal. Gereja akan dilakukan penditeksian untuk mencegah adanya ancaman bom,” jelas Irjen Pol. M. Iriawan di halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (22/12/2014).

 

Irjen Pol. M. Iriawan menambahkan, pasukan polisi akan disiagakan di setiap gereja sesuai dengan luas gereja dan banyaknya jemaat yang datang.

 

“Untuk gereja dengan luas yang cukup besar dan jumlah jemaat yang banyak personil polisi yang diturunkan bisa mencapai 25 orang, sedangkan untuk gereja kecil dengan jemaat yang sedikit bisa di jaga oleh 5 personil polisi,” tambahnya.

 

Dari Natal hingga Tahun Baru, pihak polisi akan melakukan pengamanan di setiap gereja dan objek vital yang di duga rawan tindakan criminal, termasuk tempat pariwisata seperti di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Puncak, Kabupaten Bogor. Selain menjaga

dari ancaman gangguan keamanan dan ketertiban, polisi juga mengantispasi perayaan Natal dan Tahun Baru dari kemacetan lalu lintas.

 

“Untuk rekayasa jalur mungkin saja terjadi. Di beberapa titik objek wisata seperti di Puncak, Bogor bisa diterapkan sistem buka tutup untuk mencegah kemacetan panjang,” papar Irjen Pol. M. Iriawan.

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,