Banyak Warga Cieunteung Enggan Mengungsi

Banyak Warga Cieunteung Enggan Mengungsi

Polisi evakuasi korban banjir di Kampung Cieunteung Desa Kecamatan Baleendah, Senin (22/12).(Foto:BimaAdi)

Bandung- Meski banjir telah berlangsung selama satu pekan, hingga saat ini masih ada warga yang bertahan di rumah mereka. Seperti yang terjadi di Kampung Cieunteung Desa-Kecamatan Baleendah.

Patroli Satbrimob Polda Jabar pun melakukan penyisiran ke perkampungan dengan menggunakan dua perahu karet. Patroli Satbrimob ini meminta warga yang masih bertahan di lantai dua rumahnya diminta segera meninggalkannya.

?Kasubden 2 Detasemen A Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Iptu Nurdin Abdurahman mengatakan sejak kemarin pihaknya telah mengimbau warga untuk segera meninggalkan rumahnya karena hujan turun tak tentu dan sewaktu-waktu air bisa bertambah  tinggi.?

"Sudah kami himbau kepada warga dari kemarin untuk segera meninggalkan rumahnya. Seperti sekarang ini, kami meminta seorang ibu dan anaknya yang masih menetap di rumahnya untuk segera pergi karena kasihan anaknya," kata Nurdin, Senin (22/12/2014) siang.

?Dikatakan Nurdin, saat ini memang masih  banyak warga yang sulit dievakuasi. Warga beralasan masih bisa bertahan di rumah. Meski begitu, pihaknya tak putus asa, dengan terus mengajak warga agar mau dievakuasi.

"Karena kalau tetap bertahan di rumah. Keselamatan jiwa mereka terancam, jadi kami terus mengajak mereka untuk mau dievakuasi," ujarnya.

Secara terpisah, melalui ponselnya Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Marlan mengatakan hingga Senin (22/12) pukul 16.00 WIB, jumlah pengungsi sudah mencapai 1567 Kepala Keluarga (KK) atau 5373 jiwa di tiga kecamatan yakni Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot.

?Di Kecamatan Bojongsoang terdapat 367 KK atau 1287 jiwa yang mengungsi. Sedangkan di Kecamatan Baleendah terdapat 410 KK atau 1694 jiwa yang sudah mengungsi di empat titik pengungsian. Kecamatan Dayeuhkolot menjadi wilayah yang paling banyak terdapat pengungsi dengan total KK sebanyak 660 atau 2002 jiwa.?

.

Categories:Bandung,