Jabar Bentuk Tim Penanggulangan Banjir

Jabar Bentuk Tim Penanggulangan Banjir

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membentuk tim penanggulangan banjir yang disebabkan luapan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung.

"Kami bersepakat membuat tim penanggulangan banjir Citarum, banjir Citarum itu maknanya banjir yang berasal dari Citarum," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai rapat bersama penanganan bencana banjir di Gedung Sate, Bandung, Senin (22/12/2014).

Ia menuturkan, tim penanggulangan banjir tersebut terdiri atas Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, Kehutanan, BBJN, Dinas Bina Marga, TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten Bandung.

Tim tersebut, lanjut dia, akan langsung melaksanakan tugasnya dengan membuat "polder" di kawasan permukiman penduduk yang dilanda banjir Citarum.

Selain itu, tim akan melakukan normalisasi kedalaman dan lebar Sungai Citarum di bagian tengah dan hilir.

"Tim ini akan bekerja membuat peta jalan (road map) penyelesaian banjir Citarum dalam pekan ini, minggu depan harus selesai untuk presentasi di pusat," katanya.

Jika disepakati pemerintah pusat, kata gubernur, maka pada perubahan APBN akan dianggarkan untuk mengatasi masalah banjir di Kabupaten Bandung.

Gubernur menambahkan beberapa tahapan yang dilakukannya dalam mengatasi Sungai Citarum yakni mengatur lokasi di kawasan atas dengan dibuat cek dam agar tidak terjadi aliran yang deras, kemudian di kawasan cekungan dibuat "polder".

"Tahapan ini memakan waktu cukup panjang, normalisasi hutan dan normalisasi dalam dan panjang Citarum pun tidak sebentar," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,