Solusi Banjir Kab. Bandung Dibahas

Solusi Banjir Kab. Bandung Dibahas

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari berharap kepada semua pihak Khususnya pemerintah meningkatkan koordinasi seluruh instansi terkait dalam melakukan antisipasi banjir.(foto:Net)

Bandung - DPRD Provinsi Jabar siap menggelar rapat koordinasi membahas penyelesaian banjir di Kabupaten Bandung yang terus terjadi setiap tahun pada musim hujan.

"Nanti setelah reses selesai, perlu rakor antar komisi, kita lihat bagaimana penanggulangannya, karena ini rutin bencana banjir," kata Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Senin (22/12/2014).

Ia menuturkan, banjir akibat luapan Sungai Citarum itu sudah sering terjadi setiap turun hujan, bahkan banjir yang saat ini terjadi merupakan kejadian terbesar dibandingkan sebelumnya.

Menurut dia, persoalan banjir itu harus secepatnya diselesaikan pemerintah dengan meningkatkan koordinasi seluruh instansi terkait dalam melakukan antisipasi banjir.

"Jadi harus ada percepatan, harus ada koordinasi, karena banjirnya lebih parah dari tahun lalu," katanya.

Ia mengatakan, sebelum melakukan pembahasan seluruh komisi, sejumlah anggota DPRD Jabar terutama di daerah pemilihan Kabupaten Bandung sudah meninjau langsung situasi dan kondisi banjir tersebut.

Bahkan Komisi IV DPRD Jabar yang bermitra dengan beberapa OPD terkait masalah penanggulangan bencana alam, kata Ineu, sudah berkoordinasi untuk melakukan langkah antisipasi.

"Koordinasi ini penting agar seluruh pihak terkait lebih bersiaga dalam penanganan bencana alam," kata politisi perempuan PDI Perjuangan.

Tekait upaya pemerintah akan merelokasi permukiman penduduk di daerah rawan banjir, Ineu mengatakan DPRD Jabar belum akan membahasnya.

Sedangkan masalah penyaluran bantuan bagi korban banjir yang belum merata, Ineu menilainya karena masalah akses yang sulit dijangkau.

Ia menegaskan, pemerintah sudah menyiapkaan bantuan untuk memenuhi beberapa kebutuhan bagi korban bencana alam.

"Bantuan sebetulnya sudah ada, tapi karena kebutuhan dan lokasinya tidak mudah, maka jadi kendalanya," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,