Hati-hati Mengonsumsi Mie Instan

Hati-hati Mengonsumsi Mie Instan

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung- Musim hujan datang, makan mie instan menjadi kebiasaan. Siapa yang tidak menyukai mie instan? Apalagi ditambah dengan telur juga irisan cengek sambil menikmati hujan. Kebiasaan makan mie instan di musim hujan menjadi rutinitas khusunya bagi masyrakat Indonesia.
 
Mie instan saat ini menjadi makanan favorit pilihan setiap keluarga yang ada. Padahal, mengkonsumsi mie instan terlalu sering bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.
 
Hal ini dibenarkan dalam penelitian Dr. Shin yang dikutip pada Liputan6  yang memimpin penelitian mengatakan, mie instan dapat meningkatkan  resiko sindrom kardiometabolik seperti jantung, stroke dan diabetes. Padahal, penyakit ini merupakan penyebab kematian utama hampir di seluruh dunia.

"Selain mengandung bahan pengawet, mie instan juga memiliki bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang digunakan untuk mengemas mie dalam wadah sterofoam," kata Shin.
 
Di Indonesia,  beragam macam jenis mie instan tersedia dan kaya akan rasa membuat para konsumen ingin mencoba rasa  terbaru yang ada.  Konsumen mie instan bahkan identik dengan anak kos-kosan yang jauh dari orang tua.
 
“Makan mie rebus pake cengek,  rasanya udah paling surga banget apalagi kebetulan saya anak kos,” ujar Indera salah seorang penikmat mie instan pada CikalNews.com, Selasa (23/12/2014).
 
"Konsumsi ramen relatif tinggi pada populasi Asia, penelitian difokuskan terutama di Korea Selatan, karena kecenderungan rakyatnya mengonsumsi mie instan merupakan yang tertinggi di dunia. 
 
Dalam beberapa tahun terakhir, buktinya, Korea Selatan telah mengalami peningkatan risiko penyakit jantung, dan dewasa obesitas," kata Dr Shin.(Ode)**
.

Categories:Gaya hidup,